Home Olahraga Gila, Inggris Berpesta Sepuluh Gol Tanpa Balas di San Marino

Gila, Inggris Berpesta Sepuluh Gol Tanpa Balas di San Marino

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Inggris menghancurkan San Marino dalam laga pemungkas Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup I, Selasa (16/11) dini hari WIB. The Three Lions menang 10-0 di Stadion Olimpiade San Marino.

Gol-gol Inggris hadir lewat Harry Maguire (6′), bunuh diri Filippo Fabbri (15′), Harry Kane (27′, 31′, 39′, & 42′), Emile Smith Rowe (58′), Tyrone Mings (69′), Tammy Abraham (78′), dan Bukayo Saka (79′).

Kemenangan ini memastikan tempat Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar. Inggris saat ini menempati posisi puncak Grup I dengan koleksi 26 poin. Sementara San Marino di posisi buntut dan tak pernah berhasil meraih poin.

Tak perlu waktu lama bagi Inggris untuk mencetak gol. Di menit ke-6, Maguire sukses membobol gawang tim tuan rumah dengan sundulannya. Gol bermula dari tendangan sudut Foden.

Sekitar 10 menit kemudian, Inggris berhasil menambah keunggulan. Fabbri melakukan aksi bunuh diri saat berusaha menghalau tendangan Saka. Skor 2-0 di menit 15.
Situasi makin buruk bagi San Marino. Mereka dihukum penalti setelah wasit memeriksa VAR. Rossi melakukan handball di dalam kotak terlarang.

Kane yang maju sebagai algojo menunaikan tugasnya dengan baik. Kiper Benedettini terkecoh dan melompat ke arah berlawanan.

Amukan Inggris belum selesai. Kane lagi-lagi mencetak gol. Ia memanfaatkan bola kiriman Smith Rowe untuk membobol gawang San Marino dengan tendangannya.

Kane menyempurnakan hattrick lewat titik putih. Inggris memenangi penalti kedua di laga itu setelah D’Addario melakukan handball di dalam kotak terlarang. Skor 5-0 untuk Inggris di menit 39.

Menjelang turun minum, Kane mencetak gol keempatnya di laga ini. Dia melewati dua bek San Marino sebelum mengirim bola ke sudut kiri bawah gawang.

Inggris terus menyerang setelah gol keenam mereka di laga itu. Namun, skor 6-0 tak berubah sampai akhir babak pertama.

San Marino melakukan banyak perubahan di babak kedua. Mereka melakukan tiga perubahan dengan menurunkan Alessandro Golinucci, Vitaioli, dan Censoni.
Gareth Southgate juga melakukan hal serupa. Maguire, Foden, dan Phillips ditarik keluar. Sebagai gantinya, Gallagher, Abraham, dan Chilwell turun.

Dominasi Inggris belum bisa diputus San Marino. Di menit 58, Inggris sukses mencetak gol ketujuh mereka. Smith Rowe berhasil mencatatkan gol pertamanya bagi Inggris berkat bantuan dari Abraham.

Situasi makin buruk bagi San Marino. Rossi mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Gallagher. Mereka harus bermain dengan 10 orang saja.

Situasi itu dimanfaatkan oleh Inggris. Mereka mencetak gol ke-8 lewat kombinasi apik Alexander-Arnold dan Mings. Bek sayap Liverpool itu mengirim bola yang bisa disambut Mings. 8-0 di menit 69.

Sekarang giliran Abraham yang masuk dalam papan skor. Ia mencetak gol ke-9 Inggris di menit 78 dengan bantuan Alexander-Arnold. Striker Roma itu menyambut bola yang datang dengan dadanya sebelum melepaskan tendangan yang bersarang di gawang.

Mental San Marino hancur lebur. Saka berhasil mencetak gol ke-10 Inggris semenit setelah gol Abraham. Lagi-lagi gol tercipta berkat bola kiriman cantik dari Alexander-Arnold

Inggris terus menyerang tanpa ampun. Namun skor 10-0 bertahan sampai laga selesai dan Inggris memastikan tempat di Piala Dunia 2022.***