Home Olahraga Dani Alves Kembali ke Barcelona, Mampukah Berjaya Lagi di Usia Senja?

Dani Alves Kembali ke Barcelona, Mampukah Berjaya Lagi di Usia Senja?

oleh Syawal G

FAKTUAL-INDONESIA: Satu persatu kunci kesuksesan Barcelona beberapa tahun lalu kembali ke Camp Nou. Setelah Xavi Hernandez, kini raksasa Spanyol tersebut mendatangkan Dani Alves.

Sebelum ini, nasib Dani Alves sedang luntang-lantung. Ia belum menyatakan gantung sepatu dari dunia sepak bola, namun belum mendapatkan klub untuk bernaung setelah cabut dari Sao Paulo.

Alves adalah bek sayap energik yang memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Kualitasnya itu juga yang membuat Barcelona bisa meraih banyak gelar sewaktu diperkuat olehnya.

Pemain berkebangsaan Brasil tersebut memperkuat Barcelona dari tahun 2008 hingga 2016. Ia mencatatkan 391 penampilan di semua kompetisi, mencetak 21 gol, dan mempersembahkan 23 gelar dari berbagai ajang.

Aroma kepulangan Dani Alves tercium sejak Xavi diangkat jadi pelatih Barcelona menggantikan Ronald Koeman. Namun pada mulanya, beberapa laporan menyebutkan kalau Alves takkan kembali dengan status pemain.

Dugaan itu muncul dengan mempertimbangkan usianya yang tidak lagi muda, 38 tahun. Namun kenyataannya, Barcelona memang membawa pulang Alves dengan status pemain. Alves akan bergabung dengan skuat mulai pekan depan.

“FC Barcelona dan Dani Alves telah mencapai kesepakatan buat sang pemain bergabung dengan tim utama untuk sisa musim ini,” begitu pernyataan klub yang dirilis lewat situs resminya, Sabtu (13/11/2021) dini hari.

“Pemain asal Brasil itu akan bergabung dalam sesi latihan mulai pekan depan, tapi takkan bermain sampai Januari. Klub akan mengumumkan detail penuh dalam presentasi resminya sebagai pemain Barcelona.”

Kendati baru akan diungkap pada presentasi resminya, namun Fabrizio Romano sudah memiliki kisi-kisi perihal kesepakatan antara Barcelona dengan Dani Alves. Salah satunya terkait durasi kontrak.

Jurnalis asal Italia tersebut berkata: “Kontrak Dani Alves dengan Barcelona meliputi klausul untuk memperpanjang kesepakatan hingga Juni 2023.”

Dan seperti yang telah disebutkan, Dani Alves baru bisa tampil dengan seragam Barcelona dimulai pada bulan Januari 2022. Dengan begitu, Alves kemungkinan bakalan menjalani debut keduanya saat Barcelona bertamu ke markas Mallorca dalam laga lanjutan.***