Home Olahraga Copa America: Hantam Ekuador, Argentina Melenggang ke Semifinal

Copa America: Hantam Ekuador, Argentina Melenggang ke Semifinal

oleh Syawal G

FAKTUAL id – Argentina di ajang Copa America 2021 belum berakhir. Skuat besutan Lionel Scaloni tersebut berhasil meraih kemenangan atas Ekuador dalam laga babak perempat final yang digelar pada Minggu (4/7/2021) pagi WIB dengan skor 3-0.

Di atas kertas, Argentina memiliki materi pemain yang jauh lebih baik ketimbang lawannya. Apalagi mereka juga memiliki sosok Lionel Messi. Namun bukan berarti Ekuador menyerah begitu saja.

Argentina nyaris unggul ketika pertandingan baru berlangsung selama dua menit. Penyerang Inter Milan, Lautaro Martinez, mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan ke arah tiang dekat. Sayang upayanya bisa dihentikan oleh kiper Ekuador, Hernan Galindez.

Peluang emas kembali tercipta pada menit ke-14. Lagi-lagi dari kaki Martinez, di mana kali ini pria berusia 23 tahun tersebut melepaskan tembakan menggantung yang berhasil melewati Galindez. Beruntung buat Ekuador, Robert Arboelda berhasil menyapu bola sebelum melewati garis gawang.

Argentina terus menggempur lini pertahanan Ekuador hingga memberikan hasil pada menit ke-40. Memanfaatkan asis dari Messi, Rodrigo Paul berhasil mencetak gol ke gawang yang telah ditinggalkan Galindez. Gol tersebut membuat babak pertama berakhir dengan skor 1-0.

Unggul satu gol tidak membuat Argentina lantas berpuas diri. Mereka mencoba kembali mengoyak jala gawang Ekuador di babak kedua. Pada menit ke-50, Messi menyodorkan bola ke Nicolas Gonzalez yang langsung melepaskan tembakan. Tapi sayangnya, bidikannya tidak tepat sasaran.

Peluang diraih Ekuador pada menit ke-70. Valencia secara konsisten menebar ancaman ke lini belakang Argentina. Kali ini, ia mencoba memanfaatkan umpan silang Angel Mena. Namun lagi-lagi bidikannya melebar di sisi gawang.

Sedihnya, Ekuador malah kebobolan pada menit ke-84. Lautaro Martinez berhasil membubuhkan namanya di papan skor lewat tembakan jarak dekat, memanfaatkan asis dari Lionel Messi. Argentina pun unggul 2-0.

Kartu merah! Ekuador harus bermain dengan 10 orang di masa injury time setelah menggagalkan peluang mencetak gol Angel Di Maria. Pada mulanya, wasit menunjuk titik putih dan hendak memberikan hadiah penalti kepada Argentina.

Namun keputusan tersebut ditarik kembali karena, setelah ditinjau ulang lewat VAR, pelanggaran terjadi di luar kotak terlarang. Tendangan bebas diambil Messi dan menghasilkan gol ketiga buat Argentina! 3-0.

Minimnya waktu yang tersisa membuat Ekuador kesulitan untuk mencetak gol, apalagi mengejar ketertinggalannya. Argentina pun keluar sebagai pemenang dengan skor telak 3-0 dan berhak melaju ke babak semifinal Copa America 2021.

Tinggalkan Komentar