Home Olahraga Arab Saudi Gandeng Italia Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Arab Saudi Gandeng Italia Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Dunia 2030

oleh Syawal G

FAKTUALid – Arab Saudi dikabarkan bakal mencalonkan diri jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030. Terkait FIFA yang berencana akan menambah jumlah kontestan Piala Dunia dan memperpanjang kompetisi, tak menutup kemungkinan ada dua tuan rumah. Karena itu Arab Saudi dikabarkan akan menggandeng Italia.

Sebelumnya, presiden FIGC Gabriele Gravina sudah menyatakan ambisinya untuk mengajukan Italia menjadi calon tuan rumah Euro 2028 atau Piala Dunia 2030, menyusul kesuksesan Gli Azzurri menjadi juara Euro 2020.

Meski demikian, dengan keputusan FIFA untuk menambah jumlah kontestan Piala Dunia yang berimbas pada bertambahnya jumlah pertandingan, calon tuan rumah bisa jadi akan menggandeng negara lain.

Umumnya, suatu negara akan menggandeng tetangganya untuk menjadi tuan rumah turnamen akbar. Namun, kali ini ide gila datang dari Italia dan Arab Saudi yang tak hanya berjarak sangat jauh, tetapi juga sudah berbeda benua dan konfederasi.

The Athletic mengklaim bahwa Boston Consultancy Group yang merupakan konsultan Arab Saudi dalam ambisi mereka mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia, menyarankan untuk menggandeng negara lain.

Dua negara yang bisa diajak Arab Saudi adalah Mesir dan Maroko. Namun, secara mengejutkan Italia diyakini juga bisa menjadi negara alternatif yang menjadi tuan rumah.

Italia dan Arab Saudi belakangan ini memang kerap menjalin kerja sama. Partai final dari dua edisi terakhir Supercoppa Italiana digelar di negara terbesar di jazirah Arab tersebut.

Meski demikian, ide Italia dan Arab Saudi maju bersama menjadi calon tuan rumah Piala Dunia 2030 juga menjadi kontroversi tersendiri negeri spaghetti.

Pasalnya, Arab Saudi selama ini dikenal memiliki reputasi buruk soal hak asasi manusia, kebebasan pers, dan hukum toleransi beragama.(Syawal)

Tinggalkan Komentar