Home Olahraga Tour de Borobudur Seri 3, Tempuh Tanjakan Ekstrem

Tour de Borobudur Seri 3, Tempuh Tanjakan Ekstrem

oleh Ki Pujo Pandunung

Foto: Antaranews.com

FAKTUAL-INDONESIA: Tour de Borobudur 2021 Seri 3, yang merupakan event bersepeda  terbesar di Jawa Tengah, dan diikuti pesepeda dari berbagai penjuru tanah air, kembali dihelat Minggu (14/11/2021).

Start Tour de Borobudur kali ini, dari Kantor Bank Jateng, Jalan Pemuda Kota Semarang. Para goweser harus melahap jarak sejauh 124 kilometer menuju Candi Borobudur, Magelang, melewati jalur basah akibat hujan serta banyak tanjakan ekstrem.

Bendera start dikibaskan pukul 05.30 WIB oleh isteri Gubernur Jateng, Siti Atikoh. Tercatat total ada 100 pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia yang menjajal rute baru Tour de Borobudur Seri 3 ini.

Yang menarik dan menantang, karena dalam event ini para peserta dihadapkan dengan jalur basah. Kota Semarang sejak Minggu dini hari sampai siang ini masih diguyur hujan.

“Sangat menantang. Jalurnya melewati pegunungan dan pedesaan. Sungguh Indah meski butuh usaha ekstra untuk  menempuhnya,” kata salah satu peserta Lo Tik Yong.

Pesepeda yang akrab di sapa Ko Chay ini mengaku, telah melakukan sejumlah persiapan sebelum tour dimulai. Salah satunya menyesuaikan tekanan ban untuk kondisi basah.

Ketua Panitia Tour de Borobudur 2021, Hendra Dharmanto, menyebut di seri ke-3 ini, rute yang di ambil merupakan rute baru hasil modifikasi rute tahun 2017.
Para pesepeda akan melewati rute Semarang, Kendal, Sumowono, Temanggung hingga Borobudur Magelang.

“Yang sangat menantang adalah tanjakan Sumowono. Terlebih jalurnya basah, menuntut peserta tetap fokus ,” kata Hendra.

Hendra menambahkan, dalam seri 3 ini para pesepeda hanya akan menjalani funbike tanpa ada kompetisi seperti seri-seri sebelumnya. “Pada tanggal 21 November 2021, ada seri ke 4. Jalurnya baru juga. Lebih banyak di Temanggung. Ini benar-benar gowes sekalian wisata,” tambah Hendra.

Sebelumnya, Tour de Borobudur 2021 telah digelar dua seri dengan rute Solo-Borobudur  dan  Borobudur Nepal Van Java.***