Home Olahraga Ian Andrew Gillan Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru PSIS Semarang

Ian Andrew Gillan Ditunjuk Sebagai Pelatih Baru PSIS Semarang

oleh Ki Pujo Pandunung

 

Ian Andrew Gillan. (Foto: Istimewa)

 

FAKTUAL-INDONESIA: Pengganti Dragan Djukanovic akhirnya terpilih juga. Kini, kursi pelatih kepala PSIS Semarang sudah terisi, dengan ditunjuknya Ian Andrew Gillan untuk menukangi Mahesa Jenar mengarungi kompetisi BRI Liga 1 2021/2022.

Pelatih baru PSIS Semarang ini merupakan pelatih berkewarganegaraan Australia dan Skotlandia yang memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro.

Dengan bergabungnya Ian Andrew Gillan sebagai pelatih kepala, ke depan diharapkan mampu mengangkat prestasi PSIS lebih tinggi serta melakukan proses development tim untuk mengorbitkan para pemain muda potensial.

Manajemen PSIS pun optimistis, mengingat pengalaman Ian Andrew Gillan yang pernah menukangi sejumlah klub kasta tertinggi sepak bola Asia seperti Liga Malaysia dan Liga Filipina.

“Harus melalui proses panjang dalam menyeleksi calon pelatih,. Manajemen telah memutuskan menunjuk coach Ian Andrew Gillan sebagai headcoach di BRI Liga 1 2021-2022,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi, Jumat (17/9/2021), dalam laman resmi klub.

“Ian Andrew memiliki segudang pengalaman. Kami berharap ia mampu mengorbitkan para pemain muda PSIS, agar lebih mengkilap di kancah kompetisi resmi. Apalagi tahun ini, PSIS banyak dihuni pemain muda potensial,” jelasnya.

Yoyok menjelaskan, saat ini manajemen terus berupaya untuk mendatangkan Ian Andrew ke Indonesia supaya segera bisa bergabung dengan tim.

“Nanti coach Ian Andrew kami perkenalkan dulu, sambil kami mengurus proses kedatangannya. Untuk registrasi di kompetisi juga sudah aman karena yang bersangkutan telah kami daftarkan. Semoga proses administrasinya cepat beres,” tutur Yoyok Sukawi.

Ian Andrew Gillan sebelum ditunjuk sebagai pelatih PSIS, ia pernah melatih di Kedah FA Malaysia pada 2020. Sebelumnya ia juga menjadi pelatih kepala Serawak FA Liga Malaysia tahun 2018-2019, serta menjadi pelatih kepala Ilocos United di Liga Filipina tahun 2017.

Selain itu, Ian Andrew juga pernah menjadi direktur teknik Kedah FA Malaysia tahun 2015 setelah di tahun 2014 menjadi asisten pelatih tim senior. Sedangkan tahun 2010-2013, Ian Andrew juga pernah menjadi staff pelatih di Perth Glory FC, Australia.***

Tinggalkan Komentar