Connect with us

Olahraga

Resmi Dilantik Jadi Menpora, Ini 3 Pesan Jokowi

Avatar

Diterbitkan

pada

Menpora Dito Ariotedjo resmi dilantik Presiden Jokowi gantikan Zainudin Amali. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Dito Ariotedjo resmi dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemuda dan Olah raga (Menpora) yang baru pada Senin (3/4/2023) sore.

Dito dilantik di Istana Kepresidenan Jakarta menggantikan Zainudin Amali yang mundur karena akan fokus menjadi wakil ketua umum PSSI.

Saat pelantikan tersebut, Jokowi memberikan pesanpada Dito agar ingat pada DBON, Pelayanan Pemuda, dan penggiatan sepakbola tarkam.

Jokowi berharap kepada Menpora Dito untuk kemajuan pemuda dan olahraga Indonesia selama masa kepengurusan setahun ini.

“Ada tiga poin yang ditekankan Pak Presiden, yang pasti melanjutkan apa yang sudah dimulai dari Menpora sebelumnya Pak Zainudin Amali, semua program seperti Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan juga sentra pelayanan kepemudaan nasional,” kata Dito dalam keterangan persnya.

Advertisement

“Yang pertama yaitu beliau ingin SEA Games dan Asian Games kita memprioritaskan cabor yang memiliki potensi medali, jadi harus efisien tetapi juga mendapatkan hasil medali yang terbaik,” jelasnya.

Presiden Jokowi juga menginginkan liga Sepakbola Tarkam (Antar Kampung) kembali digiatkan. Juga sepakbola terus digalakkan di tingkat pendidikan dan sekolahan.Pesan ini dimaksudkan agar tingkat partisipasi sepakbola Indonesia semakin meningkat.

Semakin banyak orang terlibat di sepakbola, semakin baik pula terciptanya iklim kompetitif untuk menghasilkan pemain-pemain terbaik yang ujung-ujungnya berimplikasi positif buat Timnas Indonesia.

“Kedua, arahan Pak Presiden, beliau ingin liga-liga sepakbola pertandingan olahraga itu masif dilaksanakan di level tingkat pendidikan, sekolah dan perkuliahan dan juga untuk rakyat, kita diminta menggalakkan Liga Antar Kampung,” ujar Dito.

“Ketiga, Presiden sangat peduli dan ingin ekosistem sport industri Indonesia semakin maju dan semakin established,” lanjut Dito.Presiden Jokowi juga berharap di bidang kepemudaan agar indeks pembangunan pemuda naik dan diarahkan kepada entrepreneurship.

Advertisement

“Untuk pemuda, Presiden ingin pemuda itu lebih ke arah kewirausahaan dan profesionalisme dengan capaian Indeks Pembangunan Pemudanya naik. Yang pasti dikurangi adalah berat badan saya. Jadi kita mulai hari ini diet dan latihan semakin keras,” pungkasnya.***

Lanjutkan Membaca