Connect with us

Olahraga

Piala Dunia Qatar: Brasil Susul Prancis Melaju ke Babak 16 Besar

Avatar

Diterbitkan

pada

Timnas Brasil rayakan keberhasilan mereka lolos ke 16 besar. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA : Brasil memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Dunia Qatar usai mengalahkan Swiss 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Stadium 974, pada Senin (28/11/2022).

Pertandingan ini merupakan pertandingan kedua Brasil di Grup G. Hasil ini mengantarkan Brasil lolos ke babak 16 besar, mengikuti jejak Prancis yang lebih dulu melaju.

Kemenangan Brasil ditentukan oleh tendangan voli Casemiro di menit ke-83. Tiga poin ini pantas direbut skuad asuhan Tite yang memang tampil lebih mendominasi sepanjang laga.

Dengan koleksi enam poin, Brasil ada di puncak klasemen sementara, unggul tiga angka dari Swiss yang berada di posisi kedua. Kamerun dan Serbia menyusul, masing-masing baru mengumpulkan satu angka.

Kedua tim gagal melepaskan tembakan selama separuh awal babak pertama. Baik Brasil maupun Swiss terus mencari celah untuk menerobos pertahanan lawan, namun tak ada peluang bagus tercipta.

Advertisement

Baru di menit ke-27 Brasil menghadirkan ancaman untuk Swiss. Umpan terobosan yang dilepaskan Raphinha menuju kotak penalti berhasil disambut oleh Vinicius Junior yang berlari kencang, namun tembakannya berhasil ditepis kiper Yann Sommer.

Peluang itu mengangkat moral skuad Selecao. Casemiro melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-28, namun melenceng. Sedangkan percobaan serupa dari Raphinha di menit ke-31 mengarah tepat ke pelukan Sommer. Selamatlah gawang Swiss.

Sulitnya menembus pertahanan Swiss membuat pelatih Brasil, Tite mengganti lini serang dengan kaki-kaki yang lebih segar di babak kedua. Rodrygo, Antony, hingga Gabriel Jesus bergantian masuk.

Vinicius Junior sempat mencetak gol di menit ke-64 lewat aksi individu menusuk ke kotak penalti, namun dianulir wasit usai Video Assistant Referee menyatakan Richarlison lebih dulu terperangkap offiside dalam proses serangan.

Keran gol Brasil akhirnya mengalir di menit ke-83. Vinicius melakukan cut-inside dari sisi kiri, kemudian memberi umpan kepada Rodrygo, yang dengan cepat memberi umpan kepada Casemiro yang masuk ke kotak penalti.

Advertisement

Satu tembakan voli Casemiro sukses bersarang di sudut kanan gawang Sommer yang mati langkah. Brasil memimpin 1-0.

Gol tersebut membuat Brasil semakin bersemangat menekan. Tak sedikit pun mereka memberi kesempatan kepada Swiss, yang sejak kickoff tak punya shot on goal sama sekali, untuk bangkit. Keunggulan satu gol bertahan hingga laga usai.***

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement