Connect with us

Olahraga

Tak Peduli Barca Krisis Keuangan, Koeman Tak Mau Pesangonnya Dipotong

Avatar

Diterbitkan

pada

FAKTUAL-INDONESIA: Ronald Koeman telah resmi dipecat Barcelona. Dan pria asal Belanda tersebut enggan berbaik hati dengan memberikan diskon pesangon buat sang mantan klub.

Musim ini, di tangan Koeman, Barcelona mengalami masa-masa naik dan turun. Beberapa kali mereka menelan hasil buruk dengan skor yang tidak menyenangkan. Sekalinya menang, permainannya tidak meyakinkan.

Nasib buruk Barcelona ini mempengaruhi posisi Koeman di kursi kepelatihan. Berulang kali badai rumor yang berkata bahwa Koeman bakalan dipecat dalam waktu dekat ini berhembus dengan sangat kencang.

Ketika rumor sedang kencang-kencangnya, Barcelona malah menunjukkan kepercayaan kepada Koeman. Lalu tanpa angin dan hujan, manajemen klub melayangkan surat pemecatan buat Koeman setelah Barcelona dikalahkan Rayo Vallecano.

Advertisement

Risiko memecat Koeman sangatlah berat buat Barcelona yang sedang mengalami krisis keuangan. Beberapa laporan berkata kalau Barcelona harus membayar uang pesangon buat mantan pelatih sebesar 12 juta euro.

Dalam laporan Diario Sport, diketahui bahwa Barcelona ingin menegosiasikan angka tersebut agar bisa berkurang hingga tujuh atau delapan juta euro. Namun Koeman tidak tertarik memberikan diskon kepada mereka.

Kontrak Koeman sendiri bukan berasal dari manajemen yang sekarang. Seperti yang diketahui, ia merupakan pelatih pilihan presiden Barcelona sebelumnya, Josep Maria Bartomeu. Ini yang membuat manajemen sekarang berani bernegosiasi.

Sayangnya, Koeman tidak memedulikan hal itu. Menurutnya kontrak tersebut ditandantangani atas kesepakatan dari dua belah pihak, tanpa peduli siapa yang sedang memegang kendali klub ketika perjanjian terjadi.

Ini menjadi masalah besar buat Barcelona. Akibat pandemi dan utang yang menggunung, mereka sejatinya tidak boleh sampai mengeluarkan uang sepeserpun agar keberlangsungan klub bisa terjaga.

Advertisement

Barcelona benar-benar puasa, sampai tidak mengeluarkan uang sepeserpun di bursa transfer musim panas kemarin. Emerson Royal, yang dibeli seharga 14 juta euro dari Real Betis, sampai dijual lagi ke Tottenham dengan mahar 25 juta euro.

Kendala ekonomi ini juga yang membuat Barcelona tidak bisa mempertahankan pemain terbaiknya, Lionel Messi. Barcelona tetap tak bisa memenuhi aturan salary cap dari La Liga meski Messi sudah bersedia memangkas gajinya hingga 50 persen.***

Lanjutkan Membaca