Connect with us

Olahraga

7 Manfaat Olahraga Memanah, Dapat Mengontrol Keseimbangan

Avatar

Diterbitkan

pada

manfaat olahraga memanah

Ilustrasi panahan (Foto: Istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Olahraga memanah atau panahan memang kalah populer dengan olahraga lainnya. Memanah memang sering dikaitkan dengan berburu. Bagi sebagaian orang, olahraga satu ini dianggap bergengsi dan mahal. Di samping itu, ternyata terdapat manfaat olahraga memanah yang baik bagi tubuh.

Panah atau memanah sudah dilakukan sejak tahun 5000 SM. Meski dahulu memanah dikenal sebagai berburu, namun olahraga memanah sekarang termasuk dalam olahraga yang sangat populer, bahkan menjadi salah satu cabang diberbagai pentas olahraga.

Olahraga ini memerlukan dan membutuhkan ketangkasan, konsentrasi, dan juga ketepatan bidikan agar bisa tepat mengenai sasaran.

Meski dianggap sebagai olahraga yang minim gerakan, padahal aktivitas ini bisa menguatkan otot dan menyehatkan jantung. Selain itu, manfaat olahraga memanah bisa meningkatkan kesehatan mental.

Baca juga: 8 Manfaat Olahraga Bowling, Bisa Meredakan Stres

Berikut beberapa manfaat olahraga memanah yang telah faktualid.com rangkum dari berbagai sumber.

Advertisement

1. Membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi

Manfaat olahraga memanah yang pertama yaitu dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Ketika hendak melepaskan anak panah, perlu dilakukan secara konsisten dan memerlukan konsesntrasi ketika membidik. Hal ini akan bermanfaat di kemudian hari untuk menghadapai situasi tekanan berat dalam aktivitas sehari-hari.

2. Melatih koordinasi

Melakukan aktivitas menanah ternyata bisa melatih koordinasi tangan dan mata. Rutin melakukan aktivitas ini bisa meningkatkan koordinasi saat mengarahkan dan menembakkan anak panah serta meningkatkan fokus. Tak heran jika atlet panahan mempunyai koordinasi yang baik.

3. Menguatkan tubuh bagian atas

Manfaat olahraga memanah yang berikutnya yaitu menguatkan tubuh bagian atas. Olahraga panahan mampu menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung.

Layaknya olahraga angkat beban, tekanan pada otot akan ditahan seketika sebelum anak panah dilepaskan. Langkah tersebut dilakukan dengan pengulangan dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

4. Melatih kesabaran

Selain menguatkan tubuh bagian atas, manfaat olahraga memanah juga dapat melatih kesabaran. Pada saat memanah akan menggunakan seluruh bagian tubuh, diantaranya lengan, tangan, dada, dan bahu.

Advertisement

Baca juga: 9 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan, Dapat Redakan Stres

Dengan begitu, ketegangan pada otot bisa pertahankan selama 5-10 detik sebelum anak panah dilepaskan. Dilakukan secara berulang, akan membantu mengembangkan otot sekaligus melatih kekuatan otot.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Ternyata, manfaat olahraga memanah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Sudah diketahui dalam perlombaan, seorang pemanah akan bersaing dengan orang lain atau melawan diri sendiri. Latihan secara rutin dan disiplin dapat meningkatkan performa dan membangun kepercayaan diri.

6. Membantu relaksasi

Seseorang yang melepaskan anak panah dan mengenai sasaran, secara tidak langsung bisa menimbulkan rasa senang dan rasa kelagaan. Maka bisa dikatakan aktivitas memanah mampu mengurangi stres dan membuatnya lebih rileks.

Tentu untuk membuat anak panahan mengenai sasaran, kamu pelru berlatih dan berkonsesntrasi penuh. Namun, nantinya akan membuat perasaan menyenangkan ketika kamu memanah dan selalu tepat sasaran.

7. Mengontrol keseimbangan

Tentu saat melepaskan anak panah kamu memerlukan keseimbangan. Sebab, Keseimbangan merupakan faktor keberhasilan dalam memanah karena harus dapat menahan tubuh saat membidik dan bersiap melepas tembakan.

Advertisement

Terus berlatih olahraga ini mampu mengontrol keseimbangan ketika fokus membidik target. Untuk mendapat manfaat olahraga memanah itu perlu banyak melakukan latihan. Hasilnya, otot inti kamu akan terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh.***

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga Golf, Salah Satunya Mempertajam Penglihatan

Lanjutkan Membaca
Klik Untuk Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *