Connect with us

Olahraga

Bertanding di Indonesia, Gibran Yakin Bisa Kalahkan Thailand di ASEAN Para Games XI

Avatar

Diterbitkan

pada

Wali Kota Solo menyalami atlet dari Solo yang akan bergabung di kontingen APG Indonesia. (Foto: istimewa)

FAKTUAL-INDONESIA: Ajang ASEAN Para Games (APG) XI sudah didepan mata. Para atlet Indonesia sudah bersiap untuk bertanding, lawan terberat kontingen Indonesia adalah dari Thailand.

Tetapi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yakin jika atlet-atlet Indonesia mampu mengalahkan Thailand dalam ajang kompetisi olahraga atlet disabilitas itu.

“Bukan menakut-nakuti, banyak atlet Thailand yang datang. Pesawatnya paling banyak ada 4 atau 5 pesawat langsung ke Solo. Lawan paling berat Thailand, tapi saya yakin teman-teman bisa kalahkan Thailand,” ujar Gibran saat melepas atlet disabilitas Kota Solo yang akan bergabung di kontingen Indonesia dalam ajang APG XI, di rumah dinas Wali Kota Solo, Loji Gandrung Solo, Jumat (22/7/2022).

Dirinya yakin karena saat ini Indonesia bertanding di rumah sendiri dan Kota Solo sebagai tuan rumah. Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) itu juga yakin target yang dicanangkan Menpora dan Ketua NPC Indonesia yakni menjadi juara umum bisa tercapai.

Saat melepas atlet Kota Solo itu, Gibran juga berpesan agar hati-hati karena saat ini angka Covid-19 kembali naik meski angka BOR masih aman.

Advertisement

“Hati-hati atlet saat buka masker, tetapi saya yakin dengan sistem bubble dengan satu hotel satu cabang olahraga (cabor) yang ketat semuanya bisa berjalan lancar,” jelasnya lagi.

Hal senada juga dikatakan Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun. Menurut Senny, dengan sistem bubble yang ketat, virus Covid-19 tidak terlalu menakutkan.

“Kan semuanya juga sudah booster, kalau kita takut sama Covid kapan majunya. Laluin sajalah, wes bosen,” ujarnya.

Menurut Senny yang paling penting adalah semua menggunakan masker. Atlet dari luar negeri nantinya juga akan mengikuti standar protokol kesehatan yang sama.

“Semua atlet Indonesia juga sudah diswab, nanti mungkin 3 kali swab tidak setiap kali pertandingan. Gak usah takut Covid biasa wae, yen wedi terus kapan majune ( biasa saja kalau takut terus kapan majunya),” kata Senny.

Advertisement

Sebanyak 14 atlet disabilitas dari Kota Solo akan bergabung dalam kontingen Indonesia dalam ajang APG mendatang. Mereka akan bergabung untuk bertanding disejumlah cabor diantaranya boccia, para renang, para badminton, goalball, serta para tennis meja. ***

Lanjutkan Membaca
Advertisement