Home Olahraga Stadion Boleh Penuh, 67.000 Penonton Jadi Energi Tambahan Hungaria Hadapi Portugal

Stadion Boleh Penuh, 67.000 Penonton Jadi Energi Tambahan Hungaria Hadapi Portugal

oleh Dwipraya

Foto: antaranews.com

FAKTUALid – Ini satu-satunya pertandingan fase Grup Euro 2020 yang disaksikan oleh penonton yang mengisi kapasitas penuh stadion penyelenggara event sepakbola tersebut.

Yakni tatkala Puskas Arena Budapest, Hungaria, yang berkapasitas 67.000 orang, menjadi tuan rumah laga Portugal versus Hongaria, dan juga pertandingan kedua berturut-turut kedua tim dalam fase grup Piala Euro setelah seri 3-3 Euro 2016.

Timnas Hungaria akan berhadapan dengan juara bertahan Timnas Portugal di matchday 1 Grup F Euro 2020, Selasa (15/6/2021) pukul 23.00 WIB. Pertandingan ini akan digelar di Puskas Arena, Budapest.

Portugal setidaknya akan mempertahankan rekor tak terkalahkan selama melawan Hungaria dan mengejar kemenangan sebelum menjalani dua pertandingan berikutnya yang jauh lebih berat melawan juara dunia Prancis dan juara empat kali Jerman. Baik Prancis maupun Jerman total lima kali mendapat juara Eropa.

Timnas Portugal harus kehilangan bek kanan Joao cancel karena Covid-19, tetapi megabintang Cristiano Ronaldo memastikan hal itu tidak berpengaruh besar. “Saya tak menganggap ini faktor penting, kami tak membahas Covid-19 karena kami semua sudah bosan,” kata Ronaldo.

Lawan pertama Portugal dalam Grup F ini pernah merepotkan tim Fernando Santos enam tahun lalu. Mungkin Covid-19 bisa dikesampingkan, tapi Hungaria jelas tidak.

Tapi Santos memastikan timnya kini jauh lebih masif setelah dilimpahi oleh bakat-bakat menyerang seperti Dioga jota, Andre Silva, Joao Felix Fernandes, dan Ronaldo sendiri.

“Ini kelompok berbeda, kami mempunyai banyak pemain muda yang mengawali turnamen internasional besar pertamanya sekalipun ambisi dan dahaga kami sama dengan saat Euro 2016.

Tim sebelumnya sangat kohesi karena mereka sudah lama bermain bersama, sedangkan kami adalah tim muda berisi bakat-bakat yang tengah berkembang, tapi juga kompak.” kata gelandang Danilo Pereira.

Hungaria sendiri berkurang kekuatannya dari skuad yang menembus babak knockout Euro 2016 yang diisi pemain-pemain hebat seperti Gabor Kiraly, Roland Juhasz dan Zoltan Gera yang kini tak bersama tim.

Dua gelandang penting Hungarai juga absen Dominik Szoboszlai dan Zslot Kalmar karena cedera.

Lima Tahun lalu itu Hungaria memuncaki grup yang ironisnya juga dihuni Portugal dan juga Grup F, sebelumnya takluk 0-4 kepada Belgia dalam 16 besar, sementara Portugal malah terus melenggang sampai menjadi juara Eropa.

Dan yang dibutuhkan Hungaria saat ini, kata pelatih Marco Rossi, adalah kohesi, disiplin, dan sedikit keberuntungan dalam melawan sang juara bertahan jika ingin mengawali dengan baik perjalanan Euro 2020.

Kohesi dan disiplin itu salah satunya termanifestasi dari pola main yang lebih banyak menangkal serangan Portugal sambil menunggu melancarkan serangan balik.

Untuk soal ini, skuad yang rata-rata dari produk domestik bisa diuntungkan karena lawan tak bisa menaksir kekuatan mereka.
Sementara salah satu keberuntungan timnas Hungaria yang bisa didapat adalah 67.000 yang hampir seluruhnya pendukung tuan rumah yang memenuhi Puskas Arena. Ini bisa menjadi energi tambahan besar bagi Hungaria untuk memetik poin atau bahkan menang. (Farhan) ***

Tinggalkan Komentar