Connect with us

Olahraga

Yayasan IPO Bagikan Paket Sembako, Warga: Alhamdulillah Cukup Terbantu Menyambung Hidup

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua Pembina Yayasan IPO Gungde Ariwangsa berfoto bersama warga penerima bhakti sosial. (Foto: Bambang)

FAKTUAL–INDONESIA: Menyambut Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh pada tanggal 9 Februari 2024, Yayasan Insan Peduli Olahraga (YIPO) menggelar bhakti sosial berupa pembagian sembako kepada pekerja kebersihan, satpam dan warga seputar kompleks olahraga Senayan, Jakarta dan masyarakat umum.

Bhakti sosial dengan tema “Menyambut HPN 2024: Pers Peduli melalui Aksi Nyata Bersama Masyarakat Menuju Pesta Demokrasi 2024 yang Damai” itu berlangsung di halaman Gedung KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024), dengan dihadiri ratusan masyarakat yang dengan setia mengikuti acara hingga selesai. Diantara mereka ada pedagang yang sudah puluhan tahun berjualan di Senayan dan penyandang disabilitas.

“Kami dari Yayasan IPO tergerak untuk sedikit dapat membantu warga seputar kompleks olahraga Senayan dan masyarakat yang kian berat bertahan hidup dengan melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok,” kata Ketua Pembina Yayasan IPO Gungde Ariwangsa dalam sambutan pembukaan bhakti sosial itu.

Menurut Ariwangsa, IPO yang didirikan oleh para wartawan peduli olahraga ini menyelenggarakan bhakti sosial untuk membantu warga masyarakat sambil mensosialisasikan Pemilihan Umum (Pemilu) Damai Tahun 2024. Ini karena pelaksanaan baksos diadakan bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024.

Jadi, kata Ariwangsa, lebih luas lagi acara ini juga untuk menyambut pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024.

Advertisement

Ketua Pembina Yayasan IPO Gungde Ariwangsa. (Foto: Bambang)

Kepedulian Kepada Sesama

Dalam kegiatan ini IPO mensosialisasikan pentingnya pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024 secara damai sehingga masyarakat bisa melaksanakan hak pilihnya dengan tenang, aman, langsung, umum, bebas dan rahasia.

Kolaborasi Yayasan IPO dan masyarakat dalam aksi nyata ini diharapkan rasa kepedulian kepada sesama akan semakin meningkat. Dengan meningkatnya rasa kepedulian kepada sesama maka akan mengeliminir perpecahan dalam pelaksanaan Pesta Demokrasi mendatang meskipun masing-masing mempunyai pilihan yang berbeda. Alangkah indahnya kedamaian dalam ragam warna perbedaan.

“Sesuai tema kali ini, kami ingin menyampaikan pesan, pilihan boleh berbeda dalam pesta demokrasi Pemilu tanggal 14 Februari nanti, tapi kita semua harus mengedepankan damai untuk menyikapinya. Ingat Pemilu hanya berlangsung sehari sedangkan pertemanan dan persaudaraan berlangsung selamanya sehingga mari tetap menjaga hubungan itu dengan kedamaian dalam Pemilu ini,” tutur Ariwangsa.

Terselenggaranya acara baksos itu menurut Ariwangsa berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang memiliki rasa kepedulian kepada sesama khususnya masyarakat yang makin berat beban hidupnya. Karena itu Ariwangsa mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Perum Bulog, ⁠PNM, ⁠FIFGROUP, ⁠Citilink, Perumda Pasar Jaya, PT Bukit Asam Tbk, ⁠PT Bukit Pembangkit Innovative, ⁠PT Pertamina Trans Kontinental dan lain-lain yang mendukung acara ini.

Para warga yang hadir mengaku terbantu dengan adanya acara baksos dari IPO ini. Salah seorang warga Jarwo mengaku senang mendapatkan paket sembako.

Advertisement

“Terima kasih kepada Yayasan IPO. Paket sembako ini sangat membatu di tengah harga beras melonjak naik,” tuturnya.

Dalam bagian lain Sekretaris Yayasan IPO, Bambang Prihandoko menjelaskan, Yayasan Insan Peduli Olahraga (YIPO) berdiri di Jakarta pada tanggal 10 November 2020. Tanggal yang memiliki makna penting dalam perjalanan sejarah bangsa dan negara Indonesia karena selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berlandaskan pada jiwa dan semangat kepahlawanan Yayasan IPO berharap bisa berperan melahirkan pahlawan-pahlawan yang peduli olahraga dan mencetak prestasi tercepat, tertinggi dan terkuat melalui olahraga.

Disebutkan, setelah mendapat legalitas hukum baik akta notaris, pendaftaran di Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), NPWP dan nomor rekening Bank, para Pembina dan pengurus Yayasan IPO segera bergerak sesuai dengan visi dan misi yang dicanangkan. Melalui rapat marathon para personil Yayasan IPO menggali kembali pemikiran-pemikiran dan kemudian disempurnakan dan dituangkan dalam program kerja yayasan.

“Selain menggelar acara sosial, IPO juga beberapa kali melaksanakan turnamen olahraga seperti sepakbola, tenis dan futsal. Dalam tahun ini setelah baksos ini IPO juga akan menggelar turnamen olahraga,” jelas Bambang. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement