Connect with us

Olahraga

Womens Euro 2022: Underdog Austria Bertekad ‘Coreng’ Kesempurnaan Jerman di Perempatfinal

Avatar

Diterbitkan

pada

Sarah Puntigam, play maker Austria yang mampu sulitkan Jerman. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Memasuki babak perempatfinal Womens Euro 2022 salah satu partai menarik menghadirkan pertandingan yang menggiurkan saat tetangga Jerman menghadapi Austria di London Barat, Kamis (21/7/2022).

Die Nationalelf tidak masuk ke turnamen sebagai favorit tetapi tetap menduduki puncak Grup B dengan cara yang dominan.

Austria, sementara itu, tidak ingin maju dari grup yang berisi tuan rumah Inggris dan Norwegia yang bertabur bintang – tetapi menggeser yang terakhir ke tempat kedua.

“Kami melihat lima area utama yang bisa membentuk pertemuan menjelang bentrokan malam ini,” tutur play maker Austria Sarah Puntigam.

Rekor Dominan Jerman

Advertisement

Tidak ada pihak lain yang memiliki hubungan dengan Kejuaraan Eropa seperti Jerman. Ada 12 edisi turnamen sebelumnya — dan Jerman telah memenangkan delapan di antaranya, tidak pernah kalah di final. Norwegia (dua), Swedia dan Belanda membagi empat sisanya di antara mereka, menunjukkan skala dominasi Die Nationalelf.

Rekor enam gelar Jerman berakhir pada 2017, di mana mereka terhenti di babak perempatfinal – sebuah prestasi yang diharapkan dapat diulang  Austria .

Namun Jerman menunjukkan kredensial mereka dengan memenangkan ketiga pertandingan grup mereka.

Pasukan Martina Voss-Tecklenburg mengamankan posisi teratas dengan satu pertandingan tersisa, mencetak sembilan kali tanpa kebobolan — negara tuan rumah Inggris adalah satu-satunya tim lain yang menyamai salah satu dari prestasi tersebut.

Sebuah kekalahan 4-0 dari Denmark diikuti oleh kemenangan 2-0 atas Spanyol, dengan kemenangan 3-0 melawan Finlandia pembulatan kampanye Grup B mereka.

Advertisement

Jika tiga pertandingan pertama adalah sesuatu yang harus dilalui, Jerman tentu harus dianggap sebagai salah satu favorit.

Banyak keberhasilan Jerman musim panas ini dapat dikaitkan dengan kapten mereka Alexandra Popp.

Dia dalam performa yang luar biasa, mencetak tiga gol untuk menempati peringkat sebagai pencetak gol terbanyak kedua bersama di Euro 2022 bersama Grace Geyoro dan Alessia Russo — dan hanya dua di belakang Beth Mead.

Tetapi pemain berusia 31 tahun itu menolak untuk meremehkan lawan-lawan perempat final timnya, meskipun penampilan mengesankan Die Nationalelf sejauh ini.

“[Austria] memiliki semangat tim yang kuat dan mereka berlari sampai kaki mereka menyerah,” kata Sarah Puntigam.
“Anda bisa merasakan euforia di dalam tim. Kami pasti tidak bisa meremehkan mereka.Kami mengenal beberapa pemain mereka dari Frauen-Bundesliga, tapi itu berarti mereka juga mengenal kami. Itu bisa menjadi pro dan kontra,” jelasnya.****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement