Connect with us

Olahraga

Vuelta a Espana 2022 – Roglic Kecelakaan, Evenepoel Petik Keuntungan Pertahankan Keunggulan di Puncak Klasemen

Avatar

Diterbitkan

pada

Juara bertahan tiga kali Primoz Roglic (kiri) alami nasib sial, kecelakaan ketika berada di depan. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Mads Pedersen mengumpulkan kemenangan etape keduanya di Vuelta a Espana 2022, tetapi ada banyak drama dalam penyelesaian yang menegangkan di Tomares pda etape ke-16.

Juara bertahan tiga kali Primoz Roglic tampaknya akan mendapatkan tempat besar di depan pemimpin Remco Evenepoel ketika dia menyerang di kilometer terakhir.

Quick-Step Alpha Vinyl Team memposisikan diri mereka di depan dengan 10km tersisa dari tahap datar 188km Selasa dari Sanlucar de Barrameda di Andalucia.

Namun Jumbo-Visma dari Roglic yang akhirnya ditempatkan lebih baik untuk melancarkan serangan di sprint terakhir dan itu terbukti ketika pembalap sepeda Slovenia itu membuka peluang dengan hanya tersisa kurang dari 3km.

Pedersen dan Pascal Ackermann mengikuti jejak Roglic sementara frustrasi Evenepoel diperparah dengan tusukan, tetapi ada lebih banyak drama yang akan datang.

Advertisement

Danny van Poppel dan Fred Wright telah bergabung dengan grup utama, dan yang terakhir memainkan peran penting dalam sebuah insiden yang mungkin memastikan Evenepoel memenangkan gelar Grand Tour perdananya.

Dengan hanya 100 meter tersisa, Roglic memberi jalan bagi Pedersen yang kuat dan, saat dia bergerak kembali, memotong Wright di bagian belakang grup, mendarat dengan keras ke jalan.

Dia mampu menyelesaikan balapan dengan bantuan timnya tetapi terlihat sangat tertekan, dengan luka parah di lutut kanannya. Evenepoel selesai lebih dari tiga menit lebih jauh ke belakang. Namun, meskipun ada kebingungan awal apakah aturan 3km sudah diterapkan, dia akhirnya hanya kalah delapan detik dari saingannya.

Evenepoel, yang kini memimpin balapan selama 11 hari, langsung menuju Roglic di garis finis, dan mengatakan kepada wartawan. “Saya mendengar bahwa Primoz jatuh, jadi saya sangat berharap dia baik-baik saja dan dia dapat melanjutkan balapan,” kata Evenepoel. “Kita semua tahu bahwa Primoz eksplosif sehingga final seperti ini benar-benar dibuat untuknya. Itu membuatnya semakin disayangkan karena dia jatuh. Anda tidak pernah ingin seseorang jatuh – saya harap dia baik-baik saja.”

Evenepoel dan Roglic diuntungkan dari aturan 3km, yang berlaku untuk memastikan bahwa jika seorang pengendara mengalami jatuh, tusukan atau insiden mekanis dalam 3km terakhir, mereka dikreditkan dengan waktu penyelesaian yang sama dengan pengendara atau pengendara mereka pada saat itu.

Advertisement

Harapan Sejarah Roglic Bisa Berakhir

Tidak dapat mengambil apa pun dari Pedersen, yang mengakui bahwa dia terkejut oleh serangan tepat waktu dari Roglic – serangan yang hampir pasti akan membuat pemimpin Jumbo-Visma mengambil jersey merah jika bukan karena kecelakaan itu, yang mungkin akan terjadi dengan baik. Harapan peembalap berusia 32 tahun itu untuk meraih mahkota Vuelta keempat berturut-turut yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Itu adalah langkah yang sangat cerdas [dari Roglic]. Semua orang benar-benar berada di batasnya,” kata Pedersen. “Saya tidak mendengarnya. Saya ingin pergi ke sini dan saya melihat dia dengan pakaian yang hancur. Sayang dia jatuh. Dia belum beruntung tahun ini. Saya harap tidak terlalu buruk jadi dia dapat terus bersaing memperebutkan kemenangan Vuelta.”

Pemimpin poin Pedersen adalah pebalap Trek-Segafredo pertama yang memenangkan dua etape di edisi yang sama La Vuelta sejak Alberto Contador pada 2017, dan merupakan pebalap ketiga yang memenangi beberapa etape pada balapan tahun ini, setelah Sam Bennett dan Richard Carapaz (keduanya dua ).

HASIL ETAPE ke-16:

Advertisement

1. Mads Pedersen (Trek-Segafredo) 4:45:29
2. Pascal Ackermann (UEA Team Emirates) pada waktu yang sama
3. Danny van Poppel (BORA-Hansgrohe) pada waktu yang sama
4. Fred Wright (Bahrain Victorious) pada waktu yang sama
5. Quentin Pacher (Groupama-FDJ) +0:08

KLASIFIKASI KLASIFIKASI

Klasifikasi umum

1. Remco Evenepoel (Langkah Cepat Alpha Vinyl) 61:26:26
2. Primoz Roglic (Jumbo-Visma) +1:26
3. Enric Mas (Movistar) +2:01

Klasifikasi Poin

Advertisement

1. Mads Pedersen (Trek-Segafredo) 349
2. Fred Wright (Bahrain Menang) 129
3. Primoz Roglic (Jumbo-Visma) 107

Raja Pegunungan

1. Jay Vine (Alpecin-Deceuninck) 59
2. Richard Carapaz (INEOS Grendiers) 30
3. Thymen Arensman (Tim DSM) 22. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca