Home Olahraga Transylvania Open 2021: Jungkirkan Halep, Kontaveit Raih Juara dan Amankan WTA Finals

Transylvania Open 2021: Jungkirkan Halep, Kontaveit Raih Juara dan Amankan WTA Finals

oleh Bambang

Anett Kontaveit (kiri) dan Simona Halep (kanan) di podium juara. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Performa fantastis Anett Kontaveit di akhir musim bertahan di final Transylvania Open, di mana ia sukses menjungkirkan favorit tuan rumah dan unggulan teratas Simona Halep (Rumania) dengan dua set langsung,6-2,6-3, Minggu (31/10/2021), di Rumania.

Kemenangan membuat Kontaveit menempati posisi kedelapan dan terakhir di Akron WTA Finals. Ia di akhir musim telah meraih lebih banyak rampasan terbaik dalam karirnya.

Unggulan kedua dari Estonia itu mengalahkan unggulan utama dan favorit tuan rumah Halep di laga puncak. Ia merebut gelar tunggal setelah bermain cepat selama satu jam 10 menit. Kontaveit tidak kehilangan satu set pun di turnamen tersebut.

Dengan merebut gelar keempatnya musim ini (yang semuanya diraih dalam 10 minggu terakhir), Kontaveit meraih tempat terakhir yang tersisa di Akron WTA Finals di Guadalajara, menjadi pemain pertama yang mewakili Estonia yang mengikuti kejuaraan akhir tahun. Dia juga diproyeksikan untuk membuat debut Top 10 di peringkat single Senin.

Kontaveit mendominasi akhir tahun ini. Dia sekarang telah memenangkan 26 kekalahan dari 28 pertandingan terakhirnya, termasuk 10 pertandingan terakhirnya secara berturut-turut, yang meliputi gelar back-to-back di Moskow dan Cluj-Napoca.

Memasuki musim lapangan keras musim panas ini, Kontaveit unggul 1-6 di final tunggal WTA, dengan gelar tunggalnya diraih di ‘s-Hertogenbosch pada tahun 2017. Namun petenis Estonia itu akhirnya kembali ke lingkaran pemenang di Cleveland seminggu sebelum AS Terbuka. , dan kemenangan itu memulai peregangan komandonya.

Kontaveit menindaklanjuti dengan gelar di Ostrava dan, baru minggu lalu, Moskow. Enam finalnya tahun ini adalah yang terbanyak dalam turnya dan menyamai pencapaian peringkat pertama dunia Ashleigh Barty (Australia).

“Aku masih tidak yakin dengan apa yang terjadi!” kata Kontaveit bersemangat dalam konferensi persnya. “Tentu saja, saya sangat senang bahwa saya berhasil bermain sangat baik hari ini dan memenangkan final. Itu adalah fokus utama dan saya sangat, sangat bangga pada diri sendiri bahwa saya berhasil melakukan itu. Saya sedikit lebih percaya pada diri sendiri daripada yang saya lakukan beberapa tahun lalu. Saya mencoba untuk menjadi agresif tetapi juga tetap konsisten, dan tidak berlebihan. Saya pikir dia adalah pemain yang sangat bagus, dan saya benar-benar mencoba untuk fokus pada diri saya sendiri dan tidak memikirkan tentang tiga kali saya kalah darinya. Saya hanya menganggapnya sebagai tantangan baru,” imbuhnya.

Sementara Halep memuji penampilan lawannya yang sangat menyulitkan dirinya dari awal. “Dia pasti pantas memenangkan pertandingan,” kata juara Grand Slam dua kali Halep dalam pers pasca-pertandingannya. “Saya hanya mencoba membuatnya lebih lama sedikit, tetapi saya tidak bisa. Tetapi banyak hal positif minggu ini: bermain di final setelah tahun yang sulit, itu selalu disambut baik. Bahkan mendapat trofi yang lebih kecil, itu adalah trofi, jadi saya merasa senang, saya merasa senang dengan cara saya bermain minggu ini,” jelas Halep. ****