Connect with us

Olahraga

Tour de France 2022: Philipsen Menangi Sprint Raih Kemenangan Perdana di Etape ke-15

Avatar

Diterbitkan

pada

Jasper Philipsen mengamankan kemenangan Tour de France 2022 pertamanya di etape 15. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Jasper Philipsen mengamankan kemenangan Tour de France 2022 pertamanya di etape 15 saat pemimpin balapan Jonas Vingegaard pulih dari kecelakaan tetapi kehilangan rekan setim Jumbo-Visma Primoz Rolic yang harus mundur.

Roglic mengundurkan diri karena cedera sebelum perjalanan sejauh 202,5 ​​kilometer – tur terpanjang kedua tahun ini – antara Rodez dan Carcassonne pada hari Minggu.

Steven Kruijswijk menjadi Jumbo-Visma kedua yang ditinggalkan setelah menabrak 135km , sebelum Vingegaard sempat turun, namun mampu mempertahankan keunggulan dua menit 22 detik atas juara bertahan Tadej Pogacar.

Setelah drama tabrakan selama bagian pendakian panggung, pebalap Alpecin-Deceuninck Philipsen mampu mengungguli pemegang jersey hijau Wout van Aert dan Mads Pedersen untuk berlari menuju kemenangan.

“Itu membuatnya sangat luar biasa,” kata Pedersen, yang sebelumnya finis di tiga besar delapan kali di Le
Tur sprint tanpa kemenangan. “Saya tahu seperti apa rasanya kalah di Tour de France. Saya hampir berkali-kali. Itu menakjubkan. Aku tidak percaya. Saya merasa Wout semakin dekat, tetapi saya juga tahu garis finis dari tahun lalu. Kami sempat terjepit sedikit sebelum di tikungan terakhir dan saya tahu itu tidak lama lagi setelah tikungan terakhir,” tambahnya.

Advertisement

“Saya tahu saya harus membuat beberapa posisi. Bagus bahwa saya bisa melewati Mads. Sudah pencarian besar-besaran untuk kemenangan ini,” kata Philips. “Kami telah bekerja sangat keras untuk itu. Saya sangat bangga kami akhirnya bisa menyelesaikannya setelah Tur yang sulit. Kami harus menunggu sampai tahap 15 dengan tim, tetapi semua orang masih percaya itu mungkin. Saya sangat senang.”

Pemulihan Cepat Vingegaard

Semua mungkin tampak bingung ketika pemimpin jersey kuning Vingegaard terlibat dalam kecelakaan yang juga termasuk Jumbo-Rekan setim Visma Tiesj Benoot.

Tetapi pembalap Denmark (4:05) itu memecahkan rekor Raja Pegunungan sebelumnya di Cote du Lac de Saint-Ferreol, yang dipegang oleh Daryl Impey sejak 2016 (4:18), untuk mempertahankan keunggulannya atas Pogacar dan Geraint Thomas.

Primoz Rolic terpaksa harus mundur. (ist)

Namun tanpa Roglic atau Kruijswijk, Le Tour mungkin akan terbuka lebar dengan satu minggu tersisa.

Hasil Etape ke-15:

Advertisement

1. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) 4:27:27
2. Wout van Aert (Jumbo-Visma) +0:00
3. Mads Pedersen (Trek-Segafredo) +0:00
4. Peter Sagan (Team TotalEnergies) +0:00
5. Danny van Poppel (BORA–hansgrohe) +0:00

Klasifikasi umum

1. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 59:58:28
2. Tadej Pogacar (UEA-Tim Emirates) +2:22
3. Geraint Thomas (INEOS Grenadiers) +2:43

Klasifikasi Poin

1. Wout van Aert (Jumbo-Visma) 378
2. Tadej Pogacar (UEA-Tim Emirates) 182
3. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) 176

Advertisement

Raja Pegunungan

1. Simon Geschke (Cofidis) 46
2. Louis Meintjes (Intermarche–Wanty–Gobert Materiaux) 39
3. Neilson Powless (EF Education–Easypost) 37. ****

Lanjutkan Membaca