Connect with us

Olahraga

Tour de France 2022: Laporte Akhiri Penantian Prancis Catat Kemenangan Sprint Menakjubkan di Cahors

Avatar

Diterbitkan

pada

Christophe Laporte di podium juara etape ke-19 Tour de France 2022. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Christophe Laporte menjadi orang Prancis pertama yang menang di Tour de France tahun ini setelah menang adu sprint untuk meraih kemenangan di etape 19, sementara Jonas Vingegaard semakin dekat dengan gelar juara dengan tidak tergeser dari klasifikasi umum.

Laporte sebagian besar memainkan peran pendukung untuk rekan setimnya yang luar biasa di Jumbo-Visma Vingegaard, pemegang jersey kuning dan pemenang King of the Mountains.

Namun Laporte tampil ke depan pada rute 188,3 kilometer dari Castelnau-Magnoac ke Cahors, menyalip Fred Wright untuk sprint menuju kemenangan dan mengamankan kemenangan etape kelima Jumbo-Visma di Tour tersebut.

Wright memimpin grup terdepan, bersama Jasper Stuyven dan Alexis Gougeard, dengan jarak kurang dari 30km, tetapi Laporte menghasilkan serangan tepat waktu untuk meninggalkan trio di belakangnya di Cahors.

Laporte berhutang budi pada rekan-rekan setimnya untuk mendukung keterlambatannya dan mengungkapkan pesan dorongan Wout van Aert sebelum balapan mendorongnya meraih kemenangan.

Advertisement

“Saya sangat senang. Saya merasa sulit untuk menyadarinya. Wout berkata kepada saya, ‘Hari ini untukmu’. Terakhir kali dia mengatakan itu kepada saya adalah di Paris-Nice, jadi ini membawa saya keberuntungan,” kata Laporte kepada penyiar RMC setelah kemenangannya. “Satu setengah kilometer dari finis, saya melakukan lompatan untuk mengejar mereka yang berada di depan. Saya melemparkannya dari jauh agar mereka tidak kembali, dan berhasil. Luar biasa. Ini lebih dari sekadar hadiah, ini sangat besar,” sambungnya.

Vingegaard finis dengan aman di belakang para pebalap terkemuka di urutan ke-13, dengan keunggulannya atas juara bertahan Tadej Pogacar bertahan pada tiga menit dan 26 detik.

Laporte membuat panggilan berani untuk menjauh melalui jalan-jalan Cohors dan, dibantu oleh rekan satu timnya Jumbo-Visma, diberi hadiah yang sepatutnya.

Pembalap berusia 29 tahun itu memastikan Prancis tidak akan mengakhiri Le Tour tanpa pemenang etape, seperti yang mereka lakukan pada 1926 dan 1999, sementara ia mengamankan kemenangan etape pertamanya dalam penampilan kedelapannya.

Hasil Etape ke-19:

Advertisement

1. Christophe Laporte (Jumbo-Visma) 3:52:04
2. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) +0:01
3. Alberto Dainese (Tim DSM) +0:01
4. Florian Senechal (Tim Vinil Alfa-Langkah Cepat) +0:01
5. Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) +0:01

Klasifikasi umum

1. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 75:45:39
2. Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) +3:26
3. Geraint Thomas (INEOS Grenadiers) +8:00

Klasifikasi Poin

1. Wout van Aert (Jumbo-Visma) 460
2. Jasper Philipsen (Alpecin-Deceuninck) 236
3. Tadej Pogacar (UEA Team Emirates) 235

Advertisement

Raja Pegunungan

1. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 72
2. Simon Geschke (Cofidis) 64
3. Giulio Ciccone (Trek–Segafredo) 61. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement