Connect with us

Olahraga

Tour de France 2022: Juara Bertahan Pogacar Dapat ‘Pukulan Besar’ Yellow Jersey Direbut Vingegaard

Avatar

Diterbitkan

pada

Jonas Vingegaard merusak skenario juara bertahan dengan merebut Yellow Jersey usai menangi etape ke-11. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Serangan Jonas Vingegaard membuahkan hasil saat pebalap Denmark itu memimpin di Tour de France 2022, merusak harapan juara bertahan dan pimpinan lomba Tadej Pogacar.

Di Rute 152 kilometer Rabu melalui Pegunungan Alpen tampaknya akan menjadi sangat penting dalam klasemen klasifikasi umum, meskipun hanya sedikit yang memperkirakan hasil ini di Col du Granon.

Pogacar tampaknya mengendalikan GC sepenuhnya dan diharapkan dapat mempertahankan keunggulannya, seperti kemampuannya mendaki lereng.

Namun dipimpin oleh Primoz Roglic dan Wout van Aert, Jumbo-Visma menyerang lebih awal dan memikat Pogacar dan sesama pebalap Tim Emirates UEA untuk merespons.

Langkah-langkah awal itu tampaknya menjadi bumerang, dengan Pogacar dan rekan setimnya Rafal Majka tampak kuat menuju tanjakan terakhir, tetapi semuanya berantakan untuk juara bertahan dua kali itu ketika Vingegaard melihat kelemahan dan melakukan serangan tepat waktu 5km dari finish, meninggalkan pemegang jersey kuning di belakangnya.

Advertisement

Geraint Thomas segera mengikuti, membuat penyok sendiri di klasemen GC, karena untuk pertama kalinya dalam karirnya Pogacar menunjukkan kerentanan nyata.

Sementara Pogacar menggelepar, Vingegaard mengakhiri perjalanan sensasional dengan menyalip Romain Bardet, yang naik ke urutan kedua di GC, dan Nairo Quintana untuk menyegel kemenangan panggung Grand Tour pertamanya.

Thomas mendorong di urutan keempat, dengan David Gaudu dan Adam Yates naik ke puncak sebelum Pogacar – kaus kuningnya terbuka dan mengepak – tertatih-tatih melintasi garis, hampir tiga menit di belakang Vingegaard.

“Ini benar-benar luar biasa, sulit bagi saya untuk mengatakannya,” kata Vingegaard, yang keunggulannya atas Pogacar di klasemen GC lebih dari dua menit. “Inilah yang saya impikan, selalu, sebuah panggung di Tur. Sekarang jersey kuning miliku, luar biasa,”sambungnya.

“Kami membuat rencana sejak awal hari, Anda dapat melihat apa itu, kami ingin menjadikannya balapan yang sangat sulit di favorit saya, favorit Primoz. Saya mengambil banyak waktu hari ini, tetapi saya tidak pernah melakukannya tanpa rekan satu tim saya, mereka semua sangat kuat hari ini,” terang Vingegaard. “Pada pendakian terakhir saya berpikir jika saya tidak mencoba, saya tidak akan menang. Tempat kedua adalah hasil yang bagus, tetapi saya memilikinya tahun lalu, sekarang saya ingin mencoba meraih kemenangan,” imbuhnya.

Advertisement

Hasil Etape ke-11:

1. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 4:18:02
2. Nairo Quintana (Tim Arkea–Samsic) +0:59
3. Romain Bardet (Tim DSM) +1:10
4. Geraint Thomas (INEOS Grenadiers) +1:38
5. David Gaudu (Groupama–FDJ) +2:04

Klasifikasi Umum:

1. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 41:29:59
2. Romain Bardet (Tim DSM) +2:16
3. Tadej Pogacar (UEA-Tim Emirates) +2:22

Klasifikasi Poin

Advertisement

1. Wout van Aert (Jumbo-Visma) 304
2. Fabio Jakobsen (Langkah Cepat Alpha Vinyl) 155
3. Tadej Pogacar (UEA-Tim Emirates) 148

Raja Pegunungan

1. Simon Geschke (Cofidis) 43
2. Pierre Latour (Total Energi) 35
3. Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) 30. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement