Home Olahraga Tiga Pecatur Indonesia Punya Peluang Tumbangkan Rekor Utut Adianto di World Cup

Tiga Pecatur Indonesia Punya Peluang Tumbangkan Rekor Utut Adianto di World Cup

oleh Bambang

Tiga pecatur Indonesia yang lolos putaran kedua World Cup FIDE 2021. (dok. Percasi)

FAKTUALid – Tiga pecatur Indonesia, GM Susanto Megaranto (putra), IM Irine Kharisma Sukandar dan IM Medina Warda Aulia, akan berusaha membuat rekor terbaik di kejuaraan World Cup FIDE 2021 ketika bertanding di babak kedua, Kamis (15/7/2021), di Sochi, Rusia.

Irine Kharisma Sukandar (2413) dan Medina Warda Aulia (2360) meraih tiket putaran kedua kejuaraan World Cup FIDE 2021, setelah menuntaskan partai kedua putaran pertama dengan agregat kemenangan.

Irine unggul 1,5 – 0,5 atas pecatur WIM Javiera Belen Gomez Barrera (2083/Chili) setelah bermain remis pada babak kedua putaran pertama dalam permainan panjang 65 langkah.

Sedangkan Medina pada babak kedua putaran pertama menang atas FM Jana Schneider (2321/Jerman). Medina tampil posisional mengotak-atik buah perwiranya dalam permainan Ruy Lopez varian Norwegia untuk memaksa Schneider menyerah pada langkah ke-44. Medina unggul 2-0 atas Schneider.

Sementara Susanto (2550) harus berjuang susah payah melalui tiebreak untuk mengalahkan juara nasional 13 kali Ehsan Ghaem Maghami (2547/India) pada tiebreak kedua. Di tiebreak pertama keduanya kembali bermain remis. Susanto menang dengan skor 2,5-1,5 untuk berhak ke babak kedua World Cup FIDE 2021.

Torehan tiga pecatur itu lolos ke babak kedua kejuaraan World Cup FIDE 2021 ini sukses menyamai rekor pecatur terbaik Indonesia yang sudah bertahan 17 tahun yang dibuat GM Utut Adianto di Tripoli Libia. Kini rekor Utut itu akan coba untuk dapat dilampaui oleh ketiga, meski ketiganya harus bertemu lawan yang lebih kuat dan unggul dalam segi elo ranting.

Susanto akan mencoba menghadapi unggulan kedua Fabiano Caruana (2820/Amerika Serikat). Irine bertanding lawan GM Valentina Gunina (2436/Rusia). Sedang Medina akan berfikir keras menghadapi GM Dronavalli Harika (2515/India). Jika dari salah satu pecatur Merah Putih mampu lolos ke babak ketiga, dialah akan menjadi pemilik sejarah sebagai pecatur Indonesia di ajang World Cup FIDE menumbangkan rekor Utut Adianto.

Hasil yang dicapai Susanto, Irine dan Medina disambut gembira Artsanti Alif Head of Social Investment PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. JAPFA yang jadi sponsor keberangkatan Tim Catur Indonesia ke World Cup FIDE 2021 di Sochi ini. “Alhamdulilah, apa yang dihasilkan tiga pecatur Indonesia di arena Chess World Cup di Sochi, Rusia menjadi sejarah baru bagi dunia catur Indonesia, dan bersyukur JAPFA menjadi bagian sejarah itu,” ungkap Artsanti.

Format pertandingan World Cup FIDE 2021 sendiri adalah dua babak catur klasik pada dua hari pertama, ditambah tiebreak pada hari ketiga jika di dua pertandingan awal terjadi hasil imbang. Pecatur yang kalah langsung gugur, dan pemenang maju ke babak berikutnya. Ajang sangat bergengsi ini diikuti 206 peserta dibagian Open Putra dan 103 pecatur untuk katagori putri. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar