Connect with us

Olahraga

SEA Games 2023 Kamboja – Tim Bulutangkis Beregu Putri Bersiap Hadapi Kamboja

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi bertekad sumbang poin. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim bulutangkis beregu putri Indonesia akan memulai perjuangan di babak perempatfinal menghadapi tuan rumah Kamboja pada hari Selasa (9/5/2023) besok. Komang Ayu Cahya Dewi dkk direncanakan bertanding mulai pukul 10.00 waktu setempat di Badminton Hall Morodok Techo.

Secara di atas kertas, kekuatan Kamboja masih berada di bawah Indonesia tapi tim putri pantang lengah. Srikandi Merah-Putih siap turun dengan kekuatan terbaik.

“Memang permainan Kamboja masih di bawah kita tapi besok kita tetap akan menurunkan tim terbaik. Kita perlu adaptasi permainan jadi supaya mereka bisa bermain enak dan merasakan dulu situasi lapangan pertandingan,” ungkap Asep Suharno, pelatih tunggal putri.

“Tuan rumah pasti selalu memiliki keuntungan tersendiri, oleh sebabnya kita harus terus waspada dan bersabar. Jangan sampai terpengaruh dengan keadaan yang mungkin akan merugikan nantinya. Tetap ikuti peraturan dan regulasi turnamen dan tampil maksimal,” pesan Asep.

Asep menyampaikan bahwa empat tunggal putri yang turun di ajang SEA Games kali ini adalah pemain-pemain muda bahkan tiga diantaranya adalah debutan. Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo dan Mutiara Ayu Puspitasari.

Advertisement

Hanya Stephanie Widjaja yang pernah mencicipi ajang SEA Games yaitu tahun lalu di Vietnam. Oleh karenanya, Asep mendorong mereka untuk mengeluarkan daya juang yang lebih tanpa harus memikirkan target.

“Kita tidak membebankan pada mereka, dalam artian target tetapi kita lebih ke daya juang. Jadi daya juangnya harus lebih, usahanya yang kita maksimalkan. Serta saya sampaikan ini bukan beban tapi tantangan. Semoga mereka bisa tampil lebih lepas dan lebih rileks,” tutur Asep.

“Kesiapan sudah matang, adaptasi udara yang panas anak-anak juga sudah mulai terbiasa. Hari ini latihan terakhir, semoga besok di hari pertandingan kita bisa 100% maksimal,” kata Asep.

Sementara ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mewaspadai penampilan lebih lepas para pemain Kamboja dengan dukungan suporter tuan rumah.

“Karena bermain di rumah sendiri pasti mereka lebih lepas mainnya. Pasti ada keinginan untuk tampil maksimal dari mereka. Itu yang harus diwaspadai dari lawan Kamboja,” ucap Tiwi, sapaan akrab Amalia.

Advertisement

“Bila besok diturunkan, kami sudah siap bertanding. Semua sudah dipersiapkan dengan baik, dari fisik, teknis, non teknisnya. Dan kami di beregu putri kekompakannya sudah semakin erat, sudah saling mengisi satu sama lain,” Ana menambahkan.

Berikut skuad bulutangkis beregu putri Indonesia beserta peringkat dunianya:

1. Komang Ayu Cahya Dewi (51)
2. Ester Nurumi Tri Wardoyo (60)
3. Mutiara Ayu Puspitasari (93)
4. Stephanie Widjaja (101)
5&6. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (14)
7&8. Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari (44)
9. Lisa Ayu Kusumawati (10, ganda campuran bersama Rehan Naufal Kusharjanto)
10. Hediana Julimarbela (28, ganda campuran bersama Zachariah Josiahno Sumanti). ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement