Connect with us

Olahraga

SEA Games 2023 Kamboja – Rebut 6 Emas, Kontingen Indonesia Belum Beranjak Duduki Peringkat 4

Avatar

Diterbitkan

pada

Perolehan medali hingga Kamis (11/5/2023). (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Kontingen Indonesia memperbaiki perolehan medali di hari ke-12 SEA Games 2023 Kamboja, dimana atlet-atlet kebanggaan Merah Putih berhasil merebut enam medali emas pada berbagai pertandingan yang diselenggarakan Kamis (11/5/2023, di Kamboja.

Medali emas pembuka dipersembahkan Rikki Marthin Luther dari cabang atletik nomor lari 10 ribu meter. Berikutnya tim bulutangkis putra juga sukses mempersembah medali emas dengan mengalahkan Malaysia di final.

Bahkan di cabang balap sepeda ukiran sejarah diperlihatkan pembalp Skuad Merah Putih dengan tampil menjadi juara umum. Atas prestasi balap sepeda, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengaku bangga atas capaian prestasi yang diraih oleh Balap Sepeda Tim Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja.

Balap Sepeda Tim Indonesia sudah memastikan gelar juara umum di Kamboja usai mengoleksi 5 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sebagai informasi, sembilan nomor dipertandingkan di SEA Games Kamboja dan tersisa dua nomor pertandingan lagi, yaitu men’s mass start dan women’s mass start.

Okto yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Senior Konfederasi Balap Sepeda Indonesia (ACC) Raja Sapta Oktohari bangga atas capaian prestasi Balap Sepeda Tim Indonesia. Ia mengapresiasi pembinaan yang telah dilakukan PB ISSI yang dipimpin oleh Kapolri Listyo Sigit.

Advertisement

“SEA Games ini multievent solidaritas tapi penting karena kita bisa melihat perkembangan balap sepeda di Asia Tenggara terlepas dari hasil yang diraih. Terpenting adalah meningkatkan prestasi balap sepeda di ASEAN. Saya selain sebagai Ketua NOC sekaligus Vice President of ACC tentu berharap lebih banyak lagi atlet-atlet ASEAN yang tampil di kancah dunia,” kata Okto.

Hari ini, Terry Yudha yang turun di nomor kriterium putra disiplin jalan raya berhak atas medali emas i Kulen, Siem Reap, Kamboja. Kemenangan ini sekaligus memastikan Balap Sepeda Tim Indonesia mengunci status juara bertahan.

Okto mengatakan bahwa tak ada yang instans dalam mencetak para juara. “Mencetak prestasi itu butuh proses, terutama di cabang olahraga terukur, seperti balap sepeda renang, dan atletik. Semua tidak bisa dikerjakan dalam waktu satu malam,” ujar Okto.

Untuk itu, jelas Okto, butuh program pembinaan jarak menengah dan panjang agar prestasi Tim Indonesia dapat meningkat.

“Jadi kita perlu memikirkan pembinaan dari segala aspek untuk mengantarkan atlet-atlet ini meraih peak performance mereka, dan perlu dipikirkan pula regenerasinya,” tambah Okto.

Advertisement

Berikut Persembahkan Medali Emas Atlet Indonesia pada Kamis (11/5/2023):

6  Emas:
1) Athletics – Men’s 10000m a.n. Rikki Marthin Luther Simbolon
2) Badminton – Men’s Team a.n. Alwi Farhan, dkk
3) Cycling – Men’s Road Criterium a.n. Terry Yudha Kusuma
4) Esports – Mobile Legends: Bang Bang (Mobile)-Women’s Team a.n. Vivi Indrawaty, dkk
5) Swimming – Men’s 50m Breaststroke a.n. Felix Viktor Iberle
6) Wushu – Men’s Jianshu + Qiangshu a.n. Muhammad Daffa Golden Boy

2  Perak:
1) Badminton – Women’s Team a.n. Amallia Cahaya Pratiwi, dkk
2) Wushu – Men’s Daoshu + Gunshu a.n. Edgar Xavier Marvelo

2 Perunggu:
1) Swimming – Men’s 50m Breaststroke a.n. Muhammad Dwiky Raharjo
2) Wushu – Men’s Daoshu + Gunshu a.n. Seraf Naro Siregar

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement