Connect with us

Olahraga

Presiden Jokowi Serahkan Bonus Peraih Medali ASEAN Para Games XI/2022 di Istana

Avatar

Diterbitkan

pada

Presiden Joko Widodo berfoto bersama atlet Para Games Indonesia penerima bonus. (Foto: NPC)

FAKTUAL–INDONESIA: Keberhasilan atlet-atlet nasional yang tampil bagus sehingga membawa membawa Indonesia menjadi juara umum di ASEAN Para Games 2022 (APG) berbuah bonus. Bertempat di Halaman Depan Istana Merdeka, Jakarta, Senin (28/11/2022), Presiden Joko Widodo menyerahkan apresiasi kepada perwakilan atlet berprestasi.

Pada perhelatan ASEAN Para Games ke-11 yang berlangsung di Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022, Indonesia keluar sebagai juara umum dengan merebut 175 medali emas, 144 perak dan 106 perunggu. Atas keberhasilan mengumpulkan total 425 medali tersebut, pemerintah mengucurkan bonus sekitar 309 Miliar Rupiah untuk diberikan kepada atlet kontingen Merah-Putih.

Presiden Joko Widodo mengapresiasi perjuangan dan kerja keras atlet yang telah berjuang sehingga mengantarkan Indonesia menjadi juara umum APG 2022.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi yang telah diraih atlet Indonesia dalam ASEAN Para GAmes kesebelas di kota Solo. Total medali yang diraih sebanyak 425 medali merupakan sebuah jumlah yang sangat banyak. Atas motivasi dan atas kerja keras saudara-saudara sekalian pemerintah memberikan apresiasi bonus sebesar 309 miliar rupiah,” kata Presiden Joko Widodo dalam pidatonya.

“Ini adalah sebuah kebanggaan kita semua, menginspirasi kita semua bahwa kita bisa menjadi juara umum di ASEAN Para Games kesebelas di kota Solo. Semoga nanti di APG ke-12 dan seterusnya raihan prestasi ini bisa kita pertahanankan,” harap Jokowi.

Advertisement

Secara simbolis Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus atlet peraih medali emas perorangan yang diberikan kepada atlet para-catur Wilma Margaretha senilai 500 juta rupiah, medali emas ganda kepada Subhan (peraih emas ganda para-bulu tangkis) senilai 400 juta. Medali emas beregu diberikan kepada Sudartati (bola voli duduk) sebesar 350 juta rupiah.

Selain menyerahkan bonus kepada peraih medali emas, Presiden Jokowi juga menyerahkan secara simbolis apresiasi kepada peraih medali perak dan medali perunggu APG 2022.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang mampu membuat terobosan dengan memberikan bonus yang sama bagi atlet disabilitas setara dengan non-disabilitas.

“Di era Pak Jokowi inilah semuanya luar bisa karena kesetaraan hak atlet disabilitas disamakan dengan hak atlet non-disabilitas. Beliau yang berani menyetarakan hak semua atlet dan bagi saya itu merupakan hal yang luar biasa. Dukungan dari Pak Menpora Zainudin Amali juga sangat luar biasa,” ucap Senny Marbun.

Pemberian apresiasi dari pemerintah disambut gembira oleh para atlet berprestasi. Atlet atletik peraih satu emas dan 1 perunggu APG 2022, Alan Sastra Ginting mengaku bangga dan berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan pemerintah atas bonus ini.

Advertisement

“Pemberian bonus dari pemerintah ini membuat kami sangat bahagia dan membuat kami semakin terpacu untuk latih lebih keras lagi. Bonus ini sangat sesuai dengan perjuangan dan harapan kami,” ucap Alan.

Kegembiraan juga diluapkan oleh Nur Ferry Pradana, atlet atletik peraih 4 medali emas dan satu perak APG 2022. “Saya tentu sangat senang dan bahagia dengan pemberian apresiasi ini karena selama ini kami menunggu pemberian bonus ini. Rencananya bonus ini akan dipergunakan untuk berangkat Umroh bersama keluarga,” jelas Nur Ferry.

Setelah menjadi juara umum di APG 2022, selanjutnya kontingen Indonesia harus segera mempersiapkan diri untuk tampil di ASEAN Para Games ke-12 yang akan diadakan di Kamboja pada 2023.

Rincian Bonus Atlet ASEAN Para Games XI/2022:

Peraih Medali Emas:

Advertisement

Perorangan: Rp 500 juta
Berpasangan: Rp 400 juta
Beregu/Tim: Rp 350 juta

Peraih Medali Perak:

Perorangan: 300 juta
Berpasangan: 240 juta
Beregu/Tim: 210 juta

Peraih Medali Perunggu:
Perorangan: 150 juta
Berpasangan: 120 juta
Beregu/Tim: 105 juta. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement