Connect with us

Olahraga

Premier League 2022/23 – Mahrez jadi Pahlawan City Permalukan Chelsea dan Pangkas Jarak dari Pemuncak Klasemen Arsenal

Avatar

Diterbitkan

pada

Riyad Mahrez naik dari bangku cadangan untuk membawa Manchester City menang. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Riyad Mahrez naik dari bangku cadangan untuk membawa Manchester City menang 1-0 di Chelsea dan memangkas defisit dari pemimpin Premier  League 2022/23 Arsenal kembali menjadi lima poin.

City, yang ditahan imbang oleh Everton pada Malam Tahun Baru, menghadapi lebih banyak frustrasi melawan tim Chelsea yang dilanda cedera namun giat di Stamford Bridge.

Tapi kurang dari tiga menit setelah masuk sebagai pemain pengganti dengan satu jam berlalu, Jack Grealish memberi umpan kepada Mahrez untuk gol kemenangan yang membuat Arsenal tetap berada di depan mata mereka.

Itu juga menimbulkan kekalahan lain pada Chelsea, masih terlihat tidak meyakinkan di bawah Graham Potter tetapi memberi banyak masalah bagi City, terutama di babak pertama meski mendapat pukulan cedera ganda.

Sudah tanpa enam pemain, termasuk Reece James dan Mason Mount, malam mereka dimulai dengan awal yang buruk ketika Raheem Sterling ditangkap oleh rekan setimnya di City John Stones di saat-saat pembukaan dan tertatih-tatih.

Advertisement

Pierre-Emerick Aubameyang dikirim menggantikannya dan pada awalnya perombakan tidak membuat Chelsea kehilangan langkah mereka, dan ketika Kai Havertz memainkan Christian Pulisic, hanya tekel terakhir dari Stones yang mencegah gol pembuka.

Potter mengatakan “tidak pernah hujan tetapi deras” ketika membahas daftar cederanya sebelum kick-off, tetapi ketika Pulisic, yang masih merasakan tantangan Stones, tertatih-tatih dengan hanya 20 menit, itu menjadi musim monsun untuk The Blues.

Namun mereka tetap menyerang, dengan pemain pengganti remaja Carney Chukwuemeka melakukan tembakan yang diblok dan Havertz memaksa penyelamatan dari Ederson dengan rebound.

City mengancam di babak akhir babak pertama dengan Ilkay Gundogan melepaskan tembakan melebar sebelum dia memasukkan bola ke Erling Haaland.

Pemain Norwegia itu tampak pasti akan mencetak gol ketika dia melakukan sentuhan dengan kaki kanannya dan mendorong ke arah gawang dengan kaki kirinya, tetapi bola melebar.

Advertisement

Namun Chelsea nyaris mencetak gol ketika Chukwuemeka memotong ke dalam Kyle Walker dan melakukan tembakan rendah yang membentur bagian dalam tiang dekat.

Pep Guardiola melakukan perubahan ganda saat istirahat, menggantikan pasangan bek kanan yang dia mulai, Walker dan Joao Cancelo, dengan Rico Lewis dan Manuel Akanji.

Itu mungkin bukan perubahan menyerang tetapi perbedaan intensitas dari tim tamu terlihat jelas.

Haaland kembali melakukan tembakan melebar sebelum Nathan Ake melakukan sundulan ke sudut tiang dan mistar gawang dari umpan silang Kevin De Bruyne.

De Bruyne kemudian memaksa kiper Chelsea Kepa Arrizabalaga melakukan penyelamatan bagus dengan tendangan mendatar dari tepi area penalti.

Advertisement

Guardiola memasukkan Grealish dan Mahrez tepat waktu, dan pergantian pemain ganda itu langsung membuahkan hasil.

Haaland mengumpan Grealish di sisi kiri dan Kepa secara mengejutkan membiarkan umpan silang rendah pemain sayap Inggris itu langsung mengarah ke tiang jauh, di mana Mahrez menghindari Marc Cucurella untuk melakukan penyelesaian sederhana.

Berbeda dengan City, bangku cadangan Chelsea terlihat sangat kosong tetapi Potter masih mengganti pemain pengganti yang tidak efektif di babak pertama Aubameyang dengan remaja Omari Hutchinson.

Peluang terbaik mereka untuk menyamakan kedudukan jatuh ke pemain pengganti muda lainnya, Lewis Hall, yang melepaskan tembakan melewati mistar gawang pada menit akhir.

Jadi City terus menekan Arsenal dalam perburuan gelar yang sekarang akan menjadi backburner untuk akhir pekan Piala FA, di mana kedua belah pihak bertemu lagi di Etihad pada hari Minggu. ****

Advertisement

 

Lanjutkan Membaca
Advertisement