Connect with us

Olahraga

Premier League 2022/23: Foden Sebut ‘Menakutkan’ Haaland Sama Ganasnya dengan Augero

Avatar

Diterbitkan

pada

Erling Haaland jadi harapan bari Manchester City. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Phil Foden dapat melihat kesamaan antara Erling Haaland dan pemain hebat Manchester City Sergio Aguero dalam hal kemampuan penyelesaian “menakutkan” rekan setimnya yang baru.

Haaland bergabung dengan City dalam kesepakatan £ 64,2 juta (€ 75 juta) awal jendela transfer ini dengan mencetak 86 gol dalam 89 penampilan di semua kompetisi untuk Borussia Dortmund.

Selama dua setengah tahun bersama Dortmund, hanya Robert Lewandowski (122) dan Kylian Mbappe (89) yang mencetak gol lebih banyak di antara para pemain dari lima liga top Eropa.

Memang, Lewandowski (1,81) – yang baru saja meninggalkan Bayern Munich ke Barcelona – adalah satu-satunya pemain yang memiliki rasio gol per pertandingan yang lebih baik daripada Haaland (1,07) selama periode itu.

Setahun setelah kepergian Aguero ke Barca, di mana pemain Argentina itu hanya tampil lima kali sebelum masalah jantung memaksanya untuk pensiun, Haaland memiliki sepatu besar untuk diisi di Stadion Etihad.

Advertisement

Aguero mencetak 257 gol dalam 384 penampilan untuk City, tetapi Foden yakin juara bertahan Liga Premier berada di tangan yang baik dengan Haaland.

“Di depan gawang dia menakutkan,” kata Foden, pemain internasional Inggris itu kepada Sky Sports. “Semua orang tahu rekor golnya, berapa banyak yang dia cetak. Tapi dia datang ke liga yang sama sekali berbeda, sepakbola yang jauh lebih cepat sehingga mungkin butuh waktu untuk membiasakannya, tetapi saya yakin ketika dia dalam alirannya, dia tidak akan terhentikan,” sambungnya.

“Aguero sangat mirip. Haaland juga memiliki semua jenis penyelesaian yang berbeda,” tutur Foden.”Dia menakutkan di depan gawang dan jika kami bisa memberinya bola di area yang tepat, dia akan sangat penting bagi kami tahun ini,” imbuhnya.

Haaland hanya bermain 30 pertandingan di semua kompetisi untuk Dortmund musim lalu, namun ia masih berhasil mencetak 29 gol dengan rasio satu 1,14 per 90 menit.

Dari 29 pemogokan itu, yang berasal dari pengembalian yang diharapkan (xG) sebesar 25,84, lima dicetak dengan kepalanya, tiga dengan kaki kanannya dan 21 dengan kaki kirinya yang lebih kuat.Pemain internasional Norwegia itu mencetak gol kemenangan pada pertandingan pertamanya untuk City dalam pertandingan persahabatan pekan lalu melawan Bayern Munich, dan lapangan bukanlah satu-satunya tempat dia membuat dampak.

Advertisement

“Dia adalah pemain top di luar lapangan, karakter yang hebat, tambahan yang bagus untuk tim,”ucap Foden menjelaskan. “Dia membuat semua orang tertawa dan dia sangat rendah hati, yang penting ketika Anda masuk ke tim. Dia lapar untuk mencapai sesuatu bersama kami, jadi itu hanya bisa berarti hal-hal baik,” lanjutnya.

Haaland bersiap untuk membuat haluan domestiknya untuk City ketika tim Pep Guardiola menghadapi pemenang Piala FA dan rival  Premier League  Liverpool di Community Shield pada hari Sabtu. ****

Lanjutkan Membaca