Connect with us

Olahraga

Penghormatan Terhadap Jasa Bill Russell, Jersey No 6 Dipensiunkan untuk Seluruh Liga

Avatar

Diterbitkan

pada

Bill Russell, semasa masih hidup. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: NBA telah membuat keputusan bersejarah untuk mempensiunkan nomor 6 dari semua jersey waralaba untuk menghormati warisan ikon Boston Celtics Bill Russell, yang meninggal pada 31 Juli di usia 88 tahun.

Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah nomor jersey dipensiunkan di seluruh liga. Dan sebagai tambahan, setiap jersey dan setiap home court di musim 2022-23 akan menampilkan logo berbentuk semanggi bertuliskan No 6.

Liga memang mengkonfirmasi, bagaimanapun, bahwa pemain yang sudah mengenakan nomor tersebut – termasuk bintang Los Angeles Lakers LeBron James – dapat terus menggunakannya.

Russell memegang rekor untuk memenangkan Kejuaraan NBA terbanyak, mengumpulkan 11 cincin dari tahun 1957 hingga 1969 sambil memenangkan lima penghargaan liga MVP.

Sepanjang karirnya, Russell mencetak rata-rata 15,1 poin dan 22,5 rebound per game, dan tingginya hampir tujuh kaki saat menjadi pelompat tinggi dan sprinter kelas dunia, dianggap sebagai pemain bertahan terbesar dalam olahraga ini.

Advertisement

Sejak 2009, penghargaan NBA Finals MVP dinamai Russell.

Sementara prestasi kompetitifnya menempatkannya di antara yang terbesar yang pernah memakai sepasang sepatu basket, warisannya di luar lapangan sama pentingnya, karena ia menjadi salah satu wajah gerakan hak-hak sipil Amerika.

Russell secara teratur berfoto bersama Martin Luther King Jr, Muhammad Ali dan Kareem Abdul-Jabbar sebagai wajah publik dari kampanye hak-hak sipil di Amerika Serikat.

Pada tahun 2011, presiden Barack Obama saat itu memberi Russell Presidential Medal of Freedom atas prestasinya baik di dalam maupun di luar lapangan.

Dalam sebuah pernyataan, komisaris NBA Adam Silver mengatakan: “Keberhasilan Bill Russell yang tak tertandingi di lapangan dan perintis aktivisme hak-hak sipil layak untuk dihormati dengan cara yang unik dan bersejarah.

Advertisement

“Menghentikan secara permanen nomor enam di setiap tim NBA memastikan bahwa karir transenden Bill akan selalu diakui,” tulis pernuataan NBA. ****

Lanjutkan Membaca