Home Olahraga Minim Marshal, Balapan Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Mandalika Diundur

Minim Marshal, Balapan Idemitsu Asia Talent Cup 2021 di Mandalika Diundur

oleh Bambang

Talenta muda yang akan berlomba di kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Lantaran minim marshal, ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup 2021 yang sejatinya sebagai balapan internasional pertama sekaligus ajang balap pembuka di Sirkuit Mandalika, Lombok, yang sedianya digelar Minggi (14/11/2021), terpaksa batal dan diundur untuk dilangsungkan pekan depan bersamaan dengan seri pamungkas World Superbike 2021.

Menurut kabar penghentian balapan tersebut dilakukan akibat minimnya jumlah personel marshal, atau penjaga lintasan di sana. Dalam regulasinya, jumlah tiap pos jaga seharusnya diisi oleh delapan orang. Tetapi fakta di lapangan berbeda, karena personel Pertamina Mandalika International Street Circuit, belum memenuhi angka tersebut.

Aksi pembalap muda yang mengadu kemampuan dengan motor satu merek (One Make Race) dari Honda tersebut terpaksa batal.

Dilaporkan Dorna meminta setidaknya delapan orang marshal untuk setiap pos. Tugas marshal sendiri merupakan petugas yang akan membantu evakuasi jika ada rider crash atau saat terjadi kondisi darurat.

Ini cukup mengaget kan karena sebelumnya saat jumpa pers di Jakarta beberapa waktu lalu, pihak pengelola sirkuit telah melatih 400 orang untuk menjadi marshal dari penduduk sekitar sirkuit.

Kekurangan marshal ini harus segera dicari jalan keluarnya. Karena pkan depan akan digelar kejuaraan World Superbike yang sudah pasti persyaratan akan lebih rinci dan detail. ****