Connect with us

Olahraga

Mantan Striker Arsenal dan City Adebayor Resmi Umumkan ‘Gantung Sepatu’

Avatar

Diterbitkan

pada

Emmanuel Adebayor ketika berseragam Manchester City. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Mantan striker Arsenal dan Manchester City Emmanuel Adebayor telah mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain profesional alias ‘gantung sepatu’ pada usia 39 tahun.

Mantan pemain internasional Togo itu juga pernah bermain bersama Real Madrid, Tottenham, dan Crystal Palace selama karier profesionalnya yang dimulai pada 2001 bersama Metz.

Adebayor meninggalkan Metz ke Monaco pada 2003 dan di sanalah dia menarik perhatian bos Gunners legendaris Arsene Wenger, yang membawanya ke Premier League pada Januari 2006.

City mengeluarkan biaya £25 juta yang dilaporkan untuk jasanya pada Juli 2009 dan dia terkenal berlari di sepanjang lapangan untuk merayakan gol di depan pendukung The Gunners pada September tahun itu.

Dia bergabung dengan Real Madrid untuk masa pinjaman singkat pada Januari 2011 setelah tidak disukai di bawah Roberto Mancini dan kemudian pindah ke Tottenham – awalnya dengan status pinjaman – pada Agustus tahun itu.

Advertisement

Setelah kontraknya diakhiri dengan persetujuan bersama pada September 2015, Adebayor mengakhiri kariernya secara nomaden, tampil untuk Palace, Istanbul Basaksehir, Kayserispor dan Olimpia sebelum kembali ke Togo bersama Semassi pada Juli 2021.

Adebayor mengumumkan pengunduran dirinya dengan video di Instagram.  “SEA, dari yang tertinggi hingga yang terendah, karir saya sebagai atlet profesional merupakan perjalanan yang luar biasa,” sebut Adebayor. “Terima kasih kepada penggemar saya karena selalu ada di setiap langkah. Saya merasa sangat berterima kasih atas segalanya, dan bersemangat untuk apa yang akan datang,” sambungnya. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement