Connect with us

Olahraga

Kejuaraan Balap Sepeda Lintasan 2024: Atlet Para-Balap Sepeda Indonesia Rebut 3 Emas di Kejuaraan Asia

Avatar

Diterbitkan

pada

Atlet Para Balap Sepeda Indonesia meluncur di lintasan. (Foto: NPC)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim nasional para-balap sepeda Indonesia berhasil mengukir prestasi membanggakan dalam Kejuaraan Balap Sepeda Lintasan 2024 yang diadakan di New Delhi, India. Dalam kejuaraan yang berlangsung di Gandhi Stadium pada 22-26 Februari, timnas para-balap sepeda Indonesia merebut tiga medali emas, empat perak dan tiga perunggu.

Sebanyak tiga emas Indonesia masing-masing disumbangkan oleh dua pebalap Indonesia yakni Muhammad Fadli Imammuddin dan Sofyan Saori.

M. Fadli memborong dua medali emas dari kategori putra C4 Time Trial 1 kilo meter dengan catatan waktu 1 menit 13,192 detik, unggul atas pebalap asal Arab Saudi, Bassam Almajrashi. M. Fadli juga menjadi yang tercepat di kategori putra C4 Individual Pursuit (IP) 4000 juga dangan unggul mutlak atas Almajrashi.

Medali emas ketiga dipersembahkan oleh Saori di kategori putra C5 sejauh 4 km. Saori finis tercepat mengungguli empat pesaingnya dengan catatan waktu 5 menit 09,528 detik. Medali perak dan perunggu pada kategori ini diraih oleh dua atlet Malaysia, Zuhairi Ahmad Tarmizi (perak) dan Muhammad Hafiz Jamali (perunggu).

Keberhasilan merebut dua kepingan emas dalam kejuaraan para-balap sepeda Asia ini disyukuri oleh Fadli.

Advertisement

“Saya cukup puas bisa meraih dua medali emas di kejuraan para-balap sepeda asia ini karena merupakan awal yang bagus di permulaan tahun 2024 ini. Kejuaraan ini merupakan persiapan kami menjelang tampil di Paralimpiade Paris 2024,” ucap Fadli.

“Alhamdulillah saya mendapat dua medali emas. Perjuangan saya sangat berat selama berlomba di sini apalagi melawan pebalap Arab Saudi. Intinya di nomor individual dimana saya harus melawan diri saya sendiri supaya kemampuan saya bisa berkembang kedepannya,” tambah Fadli.

Sementara itu Sofyan Saori juga mengaku bangga bisa merebut medali emas meskipun harus menjalani perlombaan ketat melawan rival dari negara lain.

“Dalam kejuaraan ini saya harus bersaing ketat dengan lawan-lawan berat dari Malaysia, Thailand dan India,” kata Saori.

Pelatih para-balap sepeda Indonesia, Rizan Setyo Nugroho mengatakan keberhasilan merebut tiga medali emas merupakan prestasi bagus bagi para-balap sepeda Indonesia dalam mengejar tiket tampil di Paralimpiade Paris 2024.

Advertisement

“Hasil sangat berarti bagi kontingen para-bulu tangkis Indonesia karena ini merupakan perolehan poin menuju Paralimpiade Paris 2024,” tandas Rizan.

Sementara itu empat medali perak diborong oleh Tifan Abid Alana di kategori putra C3 Time Trial 1 km, IP 3000 C3, Scratch Race C3, dan Omnium C3. Sedangkan tiga medali perunggu yang semuanya direbut oleh Sufyan Saori dari kategori putra C5 Time Trial 1 kilo meter dan Omnium C5 dan Scratch Race C5. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement