Connect with us

Olahraga

JAPFA Festival Chess 2023: WGM Dewi Citra Buka Peluang Raih Kemenangan atas WGM Nguyen Thi di Dwitarung Internasional

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto di tengah kesibukan menyempatkan hadir menyaksikan Dwitarung Internasional antara WGM Dewi AA Citra melawan WGM Nguyen Thi Mia Hung (Vietnam) pada JAPFA Chess Festival 2023. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Pecatur putri Indonesia WGM Dewi AA Citra membuka peluang meraih kemenangan atas WGM Nguyen Thi Mai Hung (Vietnam), setelah berhasil menang di babak ketiga dan remis di babak keempat pada Dwitarung Internasional di ajang JAPFA Festival Chess 2023, Jumat (20/10/2023).

Dewi Citra kini memimpin 3:1 atas Nguyen Thi dari empat babak pertandingan yang sudah dilakoni. Hanya tersisa dua babak lagi duel Dwitarung Internasional yang harus dilakoni mereka berdua.

Dewi Citra hanya butuh sekali hasil remis untuk memastikan kemenangan atas Nguyen Thi.

“Dewi AA dan Nguyen itu punya tipe permainan yang sama yakni saling menerkam. Dan, Dewi mampu melepaskan ‘jalunya’ yang memaksa Nguyen menyerah,” kata Inspektur Pertandingan JAPFA Chess Festival 2023, Hendri Djamal kepada awak media.

Menurut Hendri, kemenangan di babak kedua menjadikan peluang Dewi untuk memenangkan Dwitarung Internasional seakan terbuka. Karena, pecatur yang sudah terkena “jalu” lawannya, pastinya akan sulit untuk bangkit untuk pertandingan babak kelanjutan.

Advertisement

Dewi yang memiliki elo rating 2256 memang mengincar kemenangan dalam Dwitarung JAPFA Chess Festival 2023 yang disajikan PT Japfa Comfeed Tbk bekerja sama dengan PB Percasi di bawah Ketua Umum GM Utut Adianto.

“Pada Dwitarung Internasional ini saya memang ingin membalas kekalahan Timnas Catur Indonesia dari Timnas Catur Vietnam pada Asian Games 2022 Hangzhou. Itu sudah menjadi tekad besar saya, meski saya juga tak mau gegabah karena Nguyen juga adalah salah satu bintang catur putri papan atas Vietnam,” terang Dewi.

Sementara itu GM Utut Adianto mengaku senang Dewi kini mampu unggulan dan tinggal butuh sekali hasil remis untuk memastikan kemenangan atas Nguyen Thi.

“Saya melihat cukup oke peforma Dewi Citra pada Dwitarung Internasional melawan Nguyen Thi. Itu sebab kita memilih lawan sepadan di Dwitarung Internasional ini untuk menambah percaya diri dan membangkitkan kembali prestasi catur Indonesia,” kata GM Utut yang di sela-sela kesibukan padatnya masih menyempatkan waktu untuk melihat pertandingan di JAPFA Chess Festival 2023. “Hanya saya perlu mengkritik para pecatur kita masih belum memperlihatkan totalitas dalam menekuni karier sebagai atlet catur. Kadang banyak pecatur kita malas berlatih jika tidak ada turnamen. Ini harusnya dibuang jauh-jauh karena menjadi pecatur hebat membutuhkan kesungguhan dan keseriusan serta yakin atas apa yang harus ditekuni,” jelas GM Utut.

Wartawan Faktualid.com Boyong Juara Ketiga

Advertisement

Sementara pada katagori antar media, wartawan Faktualid.com Bambang P, sukses menyabet juara ketiga. Keberhasilan diraih setelah dari lima babak, pacatur Faktualid.com mampu memetik empat kali kemenangan dan sekali menderita.

Satu-satunya kekalahan dicatat dari Ramses Manurung (Nusantaratv.com) yang akhirnya keluar sebagai juara katagori media ajang JAPFA Chess Festival 2023. Sedangkan kemenangan dipetik atas Martin (MNC TV), Suharto Olii (TribunOlahraga.com) dan Kinoy (Dekadindat.com). ****

Lanjutkan Membaca