Connect with us

Olahraga

JAPFA Chess Festival 2023: GMW Dewi AA Citra Kalahkan Pecatur Vietnam Nguyen Thi Mai Hung 3,5-2,5 di Dwitarung Internasional

Avatar

Diterbitkan

pada

 

WGM Dewi Citra dan Nguyen Thi Mia Hung di podium. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Pecatur putri Indonesia Grand Master Wanita (WGM) Dewi AA Citra (elo rating 2256) tampil sebagai pemenang Dwitarung Internasional Japfa Chess Festival ke-13 melawan GMW dari Vietnam Nguyen Thi Mai Hung (2226), setelah memastikan kemenangan dengan bermain remis di langkah ke-25 pada babak ke-6 atau terakhir, Minggu (22/10/2023), di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta.

Tambahan 0,5 poin dari laga ini membuat Dewi unggul 3,5-2,5 secara keseluruhan. Dari enam babak Dewi menang dua kali, tiga kali remis dan satu kali kalah.

Sebagai pemenang Dewi berhak atas hadiah 1.500 dolar AS, sedangkan Mai Hung mendapat 1.000 dolar AS.

Dewi yang hanya membutuhkan hasil remis sebenarnya unggul tipis dari Mai Hung pada laga babak terakhir. Memainkan pembukaan ‘London System’ Dewi yang bermain dengan buah putih tampil taktis.

Advertisement

“Dewi unggul tipis karena Mai Hung punya bidak lemah di petak D. Kalau dipaksakan bisa menang. Karena hanya butuh remis Dewi jadi menerima hasil remis,” kata Master Internasional (MI) Sean Winshand suami Dewi AA Citra yang setia menemani sang istri bertanding dalam dwi tarung internasional Japfa Chess Festival ke-13.

Dewi AA Citra mengaku senang karena berhasil menjadi pemenang dalam dwi tarung internasional Japfa Chess Festival ke-13. Selain itu, Dewi juga mengaku mendapat ilmu dan pengalaman penting dari duel lawan Nguyen Thi Mai Hung.

“Banyak progres positif yang saya dapat dari dwi tarung lawan Nguyen Thi Mai Hung, salah satunya belajar dari kekalahan di babak ke-3. Kalau sudah unggul jangan berpikir terlalu lama, biar lebih hemat waktu juga biar penyesuaiannya tidak terlalu bingung,” kata pecatur kelahiran Kalimantan Utara, 15 Januari 1994 ini.

Menurut Dewi kunci kemenangannya atas Mai Hung karena melakukan persiapan yang baik.

“Yang cukup maksimal di pertandingan babak ke-2 pas pegang putih. Hampir jarang melakukan keselahan atau blunder. Sesuai persiapan jadi mainnya lebih enak,” tutur Dewi.

Advertisement

“Tapi di babak ke-3 saya main kurang bagus. Sebenarnya saya sudah unggul satu pion terus saya memaksakan kemenangan. Jadinya bingung sendiri. Padahal kalau saya main safety saja, remis di tangan bahkan bisa menang,” imbuhnya.

Dewi mengakui Mai Hung lawan yang kuat. Pasalnya, Mai Hung merupakan pemain tim nasional Vietnam.

“Cuma memang kayaknya selama tampil di sini banyak opening (pembukaan) yang dimainkan pas dengan yang saya persiapkan. Makanya saya tidak pernah menghadapi problem merespon pembukaan yang dimainkan Mai Hung. Saya sudah tahu arahnya kemana,” ujar Dewi.

Tengah Hamil Muda

Laga dwi tarung lawan Nguyen Mai Hung memiliki tantangan tersendiri bagi Dewi AA Citra. Itu karena istri dari pecatur MI Sean Winshand ini sedang hamil muda.

Advertisement

Dewi bersyukur karena kehamilannya tidak memunculkan kendala dalam duel selama 6 babak lawan Mai Hung.

“Sebenarnya saat bertanding saya merasa tidak terlalu ada bedanya, bertanding di saat sedang hamil dan tidak. Mungkin karena terlalu fokus dengan pertandingan,” ungkapnya.

“Tapi setelah bertanding baru saya merasakan ada beda sedikit. Karena terkadang kalau habis makan kadang merasa mual,” tambahnya.

Dewi mengungkapkan saat membela Tim Catur Putri Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou China yang berlangsung September-Oktober 2023 lalu dirinya sudah hamil.

“Pas tanding tidak merasakan gangguan. Tapi pas istirahat baru terasa beda secara fisik,” ungkap Dewi.

Advertisement

Dewi mengatakan yang membuat dirinya tampil fit dalam dwi tarung lawan Mai Hung meski sedang hamil 3 bulan karena mengkonsumsi vitamin.

“Mungkin saya ketolong vitamin-vitamin yang saya minum. Kayanya itu yang membuat saya cukup fit,” tuturnya.

Selain tampil sebagai pemenang, Dewi juga mengaku puas dengan permainannya sejak babak awal sampai babak ke-6 atau terakhir lawan Mai Hung.

“Ya cukup puas,” tandasnya.

Setelah memenangkan dwi tarung lawan GMW Nguyen Thi Mai Hung, selanjutnya Dewi AA Citra ingin menaikkan elo ratingnya yang saat ini 2256 menjadi 2300.

Advertisement

“Turnamen terdekat atau mungkin turnamen terakhir yang akan saya ikuti sebelum proses persalinan adalah seleksi Pra PON 2024. Setelah itu saya fokus kelahiran dulu baru ngejar target selanjutnya,” jelasnya.***

Lanjutkan Membaca
Advertisement