Connect with us

Olahraga

Indonesia Open 2023 – Redam Wakil Jepang, Jonatan Mulus Melenggang ke 16 Besar

Avatar

Diterbitkan

pada

Tunggal putra Jonatan Christie melangkah mulus ke babak 16 besar. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tunggal putra Jonatan Christie melangkah mulus ke babak 16 besar turnamen bulutangkis Indonesia Open 2023 seusai menyingkirkan wakil Jepang, Kanta Tsuneyama.

Bermain di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (14/6/2023), Jojo, sapaan akrab Jonatan, menang dengan skor 21-17, 21-10 atas tunggal putra asal Negeri Matahari Terbit tersebut.

Pada pertandingan ini, juara Indonesia Masters 2023 itu mengaku sempat kewalahan saat mengikuti pola permainan lawan. Jojo sempat tertinggal dengan skor 9-11 di interval gim pertama dari tunggal putra rangking 15 dunia itu.

Beruntung di pertengahan babak, Jojo mengubah strategi untuk akhirnya unggul dengan skor 21-17 pada gim pertama. Pada gim kedua juara Swiss Open 2022 itu terlihat sudah menemukan bentuk permainan terbaiknya.

Akhirnya Jojo mampu melanjutkan tren positif di gim pertama untuk bisa lolos ke babak 16 besar seusai menang dengan skor 21-10 dalam tempo 39 menit.

Advertisement

“Bersyukur bisa meraih kemenangan di hadapan publik sendiri. Pastinya senang bisa menang di rumah sendiri,” kata Jojo.

“Pertandingan awal yang tidak mudah, setiap laga awal pasti terasa berat. Hari ini saya sudah melalui hal itu dan jauh lebih menikmati lagi,” ungkap Jojo.

Pada laga ini pemain kelahiran 15 September 1997 itu mengaku sering membuat kesalahan yang tidak perlu. Terlihat pengembalian Jonatan Christie yang banyak melakukan pengembalian tidak sempurna sehingga membuat wakil Negeri Matahari Terbit itu mampu memanfaatkan menjadi poin.

“Pada gim pertama saya mengikuti pola permainan lawan yang bermain dalam tempo lambat. Pukulan saya juga tidak begitu apik sehingga membuat lawan dengan mudah menyerang,” ujar Jojo.

“Saya kemudian mengubah pola permainan dan bisa berbalik unggul untuk memenangkan gim pertama. Momentum di gim pertama di bawah ke gim kedua sehingga permainan saya jauh lebih enjoy,” tambah pemain bertinggi badan 179 cm itu.

Advertisement

Dengan hasil ini Jonatan Christie melangkah ke 16 besar turnamen BWF Super 1000. Pada babak berikutnya Jojo akan berhadapan dengan pemenang laga antara Toma Junior Popov (Prancis) dan Li Chun-Yi (Chinese Taipei).

Sayang langkah Jonatan Christie ke babak 16 besar tidak diikuti oleh Chico Aura Dwi Wardoyo. Peraih medali perak SEA Games 2023 itu terganjal langkahnya seusai bertekuk lutut di hadapan juara dunia 2021 asal Singapura, Loh Kean Yew dengan skor 15-21, 21-23. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement