Connect with us

Olahraga

Indonesia Open 2023 – Pasangan Rinov/Pitha Jaga Asa Tuan Rumah di Sektor Ganda Campuran

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda campuran
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari menjadi satu-satunya harapan Merah Putih di sektor ganda campuran Indonesia pada ajang bulutangkis Indonesia Open 2023.

Pasangan rangking 15 dunia itu melangkah ke babak delapan besar turnamen BWF Super 1000 seusai menang melawan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing dengan skor 21-17, 21-16.

Pada pertandingan ini, juara Spain Masters 2021 itu mengaku termotivasi untuk memberikan yang terbaik, mengingat rekan-rekannya seperti Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gugur di babak 16 besar.

Hal tersebut membuat runner up Swiss Open 2019 itu punya motivasi tambahan untuk memenangkan pertandingan

“Kami tidak terbebani menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda campuran. Saya malah termotivasi untuk bisa mengangkat prestasi ganda campuran lebih baik lagi,” ungkap Rinov.

Advertisement

Pada laga ini Rinov juga termotivasi mengingat orang tuanya datang langsung mendukung dirinya. Kehadiran kedua orang tuanya membuat pemain kelahiran 12 November 1999 itu menjadi lebih tenang dalam bermain di lapangan.

“Pastinya saya termotivasi didukung orang tua saya. Selagi bisa ditonton saat bertanding pasti hal itu membuat hati dan pikiran saya menjadi tenang,” tambah Rinov.

Dengan hasil ini peraih medali perunggu SEA Games 2021 itu sukses melakukan revans lawan atas ganda campuran rangking 18 dunia tersebut. Tercatat pada pertemuan terakhir, Rinov/Pitha menyerah dengan skor 19-21, 18-21 di babak 32 besar All England 2023 dari ganda campuran asal Negeri Jiran.

“Senang rasanya bisa revans melawan mereka dengan kemenangan straight game. Pada pertandingan terakhir kami juga kalah dari mereka lewat pertarungan dua gim langsung,” ujar Pitha.

Dengan hasil ini, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari lolos ke perempatfinal Indonesia Open 2023 dan akan menghadapi ganda campuran Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Advertisement

Pada pertandingan sebelumnya, juara All England 2022 tersebut menang melawan lewat pertarungan rubber game 16-21, 21-13, 21-13 melawan pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau.

Menghadapi peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Rinov/Pitha bertekad tampil baik dan tidak memperdulikan rekor pertemuan.

Maklum menilik rekor pertemuan, Rinov/Pitha belum pernah menang dalam lima pertandingan melawan Yuta/Arisha. Tercatat di babak 16 besar Singapore Open 2023, Rinov/Pitha menyerah dari wakil Negeri Matahari Terbit itu lewat pertarungan rubber game 16-21, 21-17, 12-21.

“Kami belum pernah menang melawan mereka sejauh ini. Bermain di rumah sendiri membuat kami ingin mengalahkan mereka, memberikan yang terbaik dan melakukan revans,” pungkas Pitha.****

Advertisement
Lanjutkan Membaca