Connect with us

Olahraga

Indonesia Masters 2023 Kalah Dramatis dari Wakil China, Misi Fajar/Rian Pertahankan Gelar Juara Gagal

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar juara. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal mempertahankan gelar juara turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2023. Mereka lebih dulu tersisih di babak perempatfinal turnamen berhadiah total 420 ribu dolar AS ini.

Asa pasangan nomor satu dunia itu tertahan untuk melangkah ke partai semifinal. Mereka takluk di tangan wakil China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. Berlaga di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (27/1/2023) malam, Fajar/Rian menyerah dramatis  di tangan sang juara Indonesia Open 2022 itu dalam pertarungan rubber game 21-11, 13-21 dan 23-25.

Pada laga ini, Fajar/Rian mengaku sudah berjuang semaksimal mungkin untuk meraih tiket babak empat besar. Sayang Dewi Fortuna belum menghampiri ganda putra andalan tuan rumah itu sehingga harus mengakui keunggulan lawan dalam tempo 1 jam 18 menit.

“Kami belum bisa memberikan hasil terbaik hari ini. Pada laga ini, kami sudah mencoba semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Sayang masih belum bisa. Bersyukur dengan hasil yang diraih dan kami akan melakukan evaluasi ke depannya,” ungkap Rian.

Setelah menjalani tiga turnamen beruntun, Fajar/Rian sendiri sejatinya mengaku kelelahan. Hal tersebut sejatinya tidak bisa menjadi alasan, mengingat beberapa pebulutangkis juga turun di tiga turnamen tersebut.

Advertisement

“Lelah pasti, tapi itu tidak menjadi alasan mengingat semua pemain juga mengikuti turnamen tersebut,” kata Fajar.

“Kondisi shuttlecock di sini memang agak berat, lawan juga terlihat bisa beradaptasi mengenai hal itu dengan banyak melakukan perubahan strategi. Sayang kami bermain kurang sabar saat lawan lebih banyak menunggu,” tambah Rian.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian akan melakukan recovery terlebih dahulu sebelum turun di turnamen Badminton Asia Team Championship (BATC) 2023 pada 14-19 Februari mendatang.

Secara keseluruhan tampil di tiga turnamen yang diikuti di Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters 2023, Fajar/Rian terbilang memuaskan. Pada Malaysia Open 2023, Fajar/Rian menjadi juara turnamen BWF World Tour Super 1000 itu seusai mengalahkan wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 21-18, 18-21 dan 21-13.

Sayang penampilan apik peraih medali perak Asian Games 2018 itu terhenti di semifinal India Open 2023 seusai ditaklukkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia). Juara Swiss Open 2022 itu kalah rubber game dengan skor 21-11, 15-21, 16-21 dari wakil Negeri Jiran itu.

Advertisement

Praktis sejauh ini dari sektor ganda putra, tuan rumah tinggal menyisakan pasangan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Pasangan berjuluk The Babies itu melaju ke babak semifinal seusai mengalahkan wakil Jepang Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi dengan skor 21-13, 21-11.

Sayang langkah peraih medali emas SEA Games 2021 itu tidak diikuti oleh Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Juara All England 2022 itu tersingkir di babak perempatfinal seusai kalah dari juara dunia 2021 asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dua gim langsung dengan skor 11-21, 13-21. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement