Connect with us

Olahraga

Indonesia Masters 2023 – Bintang Muda Pelatnas Ikhsan Takluk di Tangan Pebulutangkis India di Babak Kualifikasi

Avatar

Diterbitkan

pada

Bintang muda tunggal putra Pelatnas PBSI, Iksan Leonardo Imanuel Rumbay, langsung terhenti di babak kualifikasi. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Bintang muda tunggal putra Pelatnas PBSI, Iksan Leonardo Imanuel Rumbay, langsung terhenti di babak kualifikasi turnamen bulutangkis Indonesia Masters 2023. Pebulutangkis berperingkat 75 dunia itu harus angkat koper lebih cepat seusai takluk dari wakil India, Sai Praneeth B lewat pertarungan 18-21, 21-9 dan 15-21 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta,  Selasa (24/1/2023) dalam tempo 62 menit.

Pada laga ini, Ikhsan itu sejatinya sempat unggul di interval gim pertama atas Sai dengan skor 11-5. Sayang keunggulan tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Ikhsan seusai perolehan angkanya tertahan di 17-17 hingga harus tertinggal dengan skor 18-21.

“Saya sempat unggul di game pertama sebelum akhirnya banyak melakukan kesalahan dan tidak konsisten. Saya harus bisa membenahi dari segi fisik dan fokusnya lagi,” ungkap Ikhsan.

Pada game kedua permainan tunggal putra kelahiran 16 Januari 2000 itu sempat menemukan bentuk terbaiknya dengan unggul 21-9. Sayang pada gim pemungkas, Ikhsan mengawali start dengan tertinggal 5-11 di pertengahan babak.

Keunggalan Sai bertahan hingga akhir pertandingan, sehingga sulit untuk Ikshan bangkit dan akhirnya harus menerima kenyataan menelan pil pahit. “Pada game kedua saya mencoba menyerang saat menang angin. Sayang di gim ketiga saya kalah start dan lawan juga bermain dengan pola yang sulit ditebak,” tambah pebulutangkis yang baru mengemas  juara di  Bahrain International Challenge 2021 itu.

Advertisement

Hasil minor di turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut membuat Ikhsan bertekad memperbaiki performa. Maklum menurut Ikhsan performanya tidak maksimal saat berlaga di  Indonesia Masters 2023.

Tunggal putra juara  Indonesia International Series 2022 itu bertekad tampil lebih baik lagi di 2023 dengan menembus peringkat 30 besar dunia.

“Tahun ini saya mencoba untuk memperbaiki peringkat. Saya sendiri ingin naik peringkat terlebih dahulu ke 30 besar,” ucap Ikhsan. “Untuk itu harus mempersiapkan fisik dan kecepatan lebih baik lagi dan harus bisa beradaptasi dengan pola permainan lawan,” jelas Ikhsan.

Dengan hasil ini, Ikhsan tercatat menelan kekalahan dua kali beruntun melawan wakil India ranking 51 dunia itu. Sebelumnya saat  berlaga pada babak 32 besar turnamen Hyderabad Open 2019, Ikhsan juga takluk dengan skor 21-17, 21-23 dan 15-21 dari Sai. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement