Connect with us

Olahraga

Indonesia International Challenge 2023: Lolos ke Final, Ester Buka Peluang Pertahankan Gelar

Avatar

Diterbitkan

pada

Tunggal putri Indonesia Ester Nurumi Tri Wardoyo. (Foto:PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo melaju ke final turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023 seusai mengalahkan wakil Thailand, Lalinrat Chaiwan.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (2/9/2023), tunggal putri rangking 68 dunia itu menang dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-18 atas Chaiwan.

Pada laga ini juara Indonesia International Challenge 2022 di Yogyakarta tersebut mengaku bermain tidak kenal menyerah untuk bisa melangkah ke partai puncak.

Dengan strategi bermain seperti itu, juara Alpes International U19 2022 itu mampu tampil gemilang dan mengatasi perlawanan Chaiwan dalam tempo 43 menit.

“Pada pertandingan ini saya hanya mencoba bermain dengan maksimal. Menghadapi pemain yang lebih punya pengalaman, saya mencoba untuk bermain tidak kenal menyerah dan tampil tanpa beban. Terbukti dengan bermain seperti itu saya bisa menerapkan strategi yang saya inginkan,” ungkap tunggal putri kelahiran 26 Agustus 2005 tersebut.

Advertisement

Kemenangan di semifinal disambut baik oleh adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo mengingat laga semifinal melawan wakil Negeri Gajah Putih mendapat dukungan dari suporter.

“Saya terima kasih buat publik Kota Medan yang datang mendukung saya di laga ini. Arena pertandingan hari ini bisa penuh dan hal ini memberikan motivasi saya untuk bermain lebih semangat lagi,” tambah semifinalis BWF World Junior Championships 2022 itu.

Kemenangan Ester atas tunggal putri rangking 59 dunia tersebut menjadi yang pertama dari tiga pertemuan terakhir.

Tercatat pada perjumpaan terakhir di turnamen Uber Cup 2020, Ester pernah berhadapan melawan tunggal putri yang sebelumnya bernama Phittayaporn Chaiwan itu dan menyerah straight game 23-25, 8-21.

Dengan hasil ini Ester akan berhadapan dengan wakil Indonesia lainnya, Gabriela Meilani Moningka di partai pemungkas.

Advertisement

Juara Malta International 2022 itu melaju ke final turnamen Xpora Indonesia International Challenge 2023 seusai mengalahkan wakil Hong Kong, Lo Sin Yan Happy dengan skor 21-17, 21-8.

Menilik rekor pertemuan, Ester tercatat pernah menang melawan tunggal putri rangking 133 dunia itu pada semifinal Indonesia International Challenge 2022 silam dengan skor ketat 16-21, 23-21, 21-16.

“Dari rekor pertemuan saya unggul sekali melawan Gabriela. Laga esok pasti tidak mudah karena melawan juga ingin meraih kemenangan. Persiapan buat menghadapi laga esok saya mencoba bermain lebih enjoy untuk bisa mengeluarkan bentuk permainan maksimal saya,” pungkas runner up Bahrain International Challenge 2022 itu.

Kegemilangan Ester, sayang tidak diikuti ganda putri Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa.

Pada babak empat besar, Ridya/Kelly menyerah dari pasangan Velisha Christina/Bernadine Anindya Wardana dengan skor 23-25, 21-15, 12-21.

Advertisement

Kemenangan ini membuat Velisha/Bernadine akan berhadapan dengan Jesita Putri Miantoro/Febi Setianingrum di final Xpora Indonesia International Challenge 2023 di final.

Pasangan ganda putri rangking 63 dunia itu melangkah ke partai pemungkas seusai menang melawan rekan satu negaranya, Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati, dengan skor 16-21, 23-21 dan 21-18. ****

Lanjutkan Membaca