Connect with us

Olahraga

Indonesia International Challenge 2023: Didukung Penuh Publik Medan, Alwi Sabet Juara dan Ester Pertahankan Gelar

Avatar

Diterbitkan

pada

Tunggal putra Alwi Farhan. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tunggal putra Alwi Farhan menyempurnakan penampilan di turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023 seusai menjadi juara.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Minggu (3/9/2023), pemain rangking 103 dunia itu menang dua gim langsung dengan skor 21-15, 21-10 atas wakil Sri Lanka, Viren Nettasinghe.

Pada pertandingan ini, tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu mengungkapkan bahwa kepercayaan dirinya muncul sejak awal, mengingat penonton yang memadati GOR Pancing untuk memberikan dukungan penuh buat Alwi.

Hal tersebut membuat lawannya yang merupakan tunggal putra rangking 98 dunia tersebut kewalahan sehingga harus menyerah straight game dalam tempo 32 menit.

“Pada pertandingan hari ini saya melihat lawan tertekan dan saya bisa mengambil kendali permainan untuk bisa unggul di gim pertama dan meraih kemenangan pada laga ini,” ungkap semifinalis Badminton Asia Junior Championships 2023 itu.

Advertisement

Runner up Lithuanian International 2022 itu mengucapkan terima kasih kepada publik Kota Medan yang memberikan dukungan penuh saat Alwi bermain.

Sepanjang laga terdengar bahwa suporter terus memberikan dukungan buat Alwi agar semangat dan meraih gelar juara di turnamen Indonesia International Challenge 2023.

“Terima kasih buat dukungan masyarakat Kota Medan. Saya menilai dukungan tersebut sangat berarti mengingat lawan juga mendapat tekanan sehingga tidak bisa bermain dengan lepas,” tambah runner up Osaka International Challenge 2023 itu.

Dengan hasil ini Alwi meraih gelar juara lagi seusai terakhir berjaya pada turnamen Alpes International U19 2022 silam.

Saat itu pada partai puncak, kapten tim beregu Indonesia pada Badminton Asia Junior Championships 2023 itu mengalahkan rekan satu negaranya, Muhammad Reza Al Fajri dengan skor 21-16, 21-12.

Advertisement

“Gelar juara Indonesia International Challenge 2023 menjadi motivasi buat saya untuk bermain lebih fokus dan konsisten lagi. Saya juga harus menjaga pikiran agar tidak buyar di tengah pertandingan,” jelas Alwi.

Ester Pertahankan Gelar

Sementara tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo sukses mempertahankan gelar juara saat tampil di turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023.

Dalam laga final yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Minggu (3/9/2023), tunggal putri kelahiran 26 Agustus 2005 itu menang dengan skor 21-13, 21-16 atas sesama wakil Indonesia, Gabriela Meilani Moningka.

Pada pertandingan ini, tunggal putri rangking 68 dunia itu terlihat mampu memegang kontrol permainan sejak awal laga.

Advertisement

Tidak heran lawannya yang merupakan pemain rangking 133 BWF itu terlihat kesulitan untuk mengimbangi Ester.

Memang, runner up Bahrain International Challenge 2022 itu sempat kesulitan di gim kedua mengingat lawan keluar menyerang untuk bisa memaksa gim ketiga. Beruntung Ester yang juara Alpes International U19 2022 itu tampil konsisten dan akhirnya mengunci kemenangan dalam tempo 45 menit.

“Pada laga hari ini saya mencoba untuk memegang kontrol permainan. Terlihat strategi tersebut sehingga lawan bermain tertekan. Saya sempat kesulitan di gim kedua, di tengah pertandingan saya fokus satu demi poin untuk bisa meraih gelar juara,” ungkap Ester.

Pada laga ini Ester sangat termotivasi mengingat sepanjang laga penonton yang hadir ke GOR Pancing memberikan dukungan penuh buat dirinya. Tidak heran runner up Mongolia International Challenge 2022 itu tampil begitu semangat untuk akhirnya meraih gelar juara perdana di tahun 2023.

“Dukungan masyarakat Kota Medan sangat berarti buat saya karena sebelum final dan semifinal, arena pertandingan atmosfernya tidak seperti ini. Hal ini membantu saya untuk semangat dan memotivasi untuk memberikan permainan terbaik,” tambah juara Finnish Junior 2021 tersebut.

Advertisement

Dengan hasil ini Ester berhasil mempertahankan gelar juara Indonesia International Challenge 2023 yang sebelumnya diraih pada edisi 2022.

Saat itu di GOR Amongraga, Yogyakarta, adik kandung dari Chico Aura Dwi Wardoyo itu menjadi jawara seusai mengatasi perlawanan Komang Ayu Cahya Dewi dengan skor 15-21, 21-14 dan 21-15.

“Gelar juara turnamen Indonesia International Challenge 2023 menjadi raihan perdana saya di tahun ini. Semoga dengan gelar juara ini saya bisa lebih termotivasi untuk meraih hasil lebih baik lagi pada setiap turnamen yang diikuti,” pungkas semifinalis BWF World Junior Championships 2022 itu. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca