Home Olahraga Hylo Open 2021: Perlihatkan Kebugaran, Fajar/Rian Libas Pasangan Inggris

Hylo Open 2021: Perlihatkan Kebugaran, Fajar/Rian Libas Pasangan Inggris

oleh Bambang

Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (badmintonphoto)

FAKTUAL-INDONESIA: Tampil bugar, ganda putra Skuat Merah Putih, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memastikan lolos ke perempatfinal turnamen Hylo Open 2021 dengan melibas pasangan Callum Hemming/Steven Stallwood (Inggris) dengan dua game langsung 21-16, 21-19, Kamis (4/11/2021), di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman.

“Alhmdulillah hari ini bisa menang dan lancar menjalani pertandingan tanpa cedera,” kata Rian. ‘Untuk pertandingan tadi, kita coba bermain tetap fokus, satu poin demi satu poin. Lawan juga bermain bagus, rapi, dan tampil nothing to lose. Jadi mereka juga bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya,” sambungnya.

Sedangkan Fajar mengatakan, sesungguhnya dirinya dan Rian mengalami kecapekan luar biasa karena harus bertanding enam pekan berturut-turut sejak di kejuaraan Piala Sudirman. Di tengah kondisi capek, modal untuk menjalani setiap prtandingan adalah hanya menikmati saja,” tutur Fajar. “Enjoy saja dan tidak memikirkan hasil. Fokus satu poin demi satu poin dan mencoba memberikan yang terbaik di setiap pertandingannya,” tambahnya.

di perempatfinal paangan Fajar/Rian akan bertanding melawan pemenang pertandingan antara pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan (Indonesia) melawan pasangan unggulan kedelapan Lu Ching Yao/Yang Po Han (Chinese Taipe).

Sementara Kepala Pelatih Ganda Putra Pelatnas Herry Iman Pierngadi, menuturkan kondisi Fajar/Rian memperlihatkan lebih bugar dibanding pekan sebelumnya. ” Ya dengan kondisi sekarang dimana mereka harus terus bertanding sejak Piala Sudirman di Finlandia, September silam, Fajar/Rian harus bermain lebih efisien,” tutur Iman. “Di antaranya itu lewat cara bermainnya melalui strategi penempatan bola-bola yang terarah. Saya lihat penampilan mereka hari ini lebih segar dibanding dengan kemarin. Untuk itu, di tengah kondisi capek, modal Fajar/Rian bertanding di tengah lapangan adalah harus bisa lebih mengatur irama permainan. Mereka dituntut harus bermain lebih efisien. Yaitu, lewat penempatan shuttlecock yang lebih terukur dan jitu. Penempatannnya harus terarah untuk menghasilkan angka,” lanjut Herry.

Namuan sayang, sukses Fajar/Rian gagal diikuti yuniornya pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana yang harus kandas. Mereka kandas sesudah dipaksa mengakui keunggulan pasangan unggulan keenam Ben Lane/Sean Vendy (Inggris) juga dengan dua game 14-21, 15-21.

Asisten Pelatih Ganda Putra Pelatnas, Aryono Miranat, mengatakan Bagas/Fikri belum dapat tampil konsisten. ” Bagas/Fikri belum bisa bermain konsisten saat melawan Ben Lane/Sean Vendy,” ucap Aryono. “Keduanya terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri, sehingga mereka juga tidak bisa mengembangkan permainan terbaiknya. Faktor-faktor non-teknisnya, masih perlu diperbaiki lagi,” imbuhnya. ****