Connect with us

Olahraga

Europa League Play Off 2022/23 – Aksi Heroik Rashford Bawa Red Devil Imbang Lawan Barcelona di Camp Nou

Avatar

Diterbitkan

pada

Raphinha merayakan usia membuat gol penyeimbang Barcelona menghadapi tamunya Manchester United. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Aksi heroik Marcus Rashford tidak cukup untuk Manchester United karena gol kebetulan Raphinha menyelamatkan Barcelona dari hasil imbang 2-2 di leg pertama play-off babak sistem gugur Liga Europa.

Rashford yang sedang dalam performa terbaiknya mencetak gol ke-22 musim ini – menyamai penghitungan terbaiknya untuk satu musim – untuk membatalkan gol pembuka Marcos Alonso dalam pertandingan mendebarkan hari Kamis di Camp Nou.

United memimpin sembilan menit setelah tertinggal berkat kerja bagus dari Rashford, yang pemikiran cepatnya dari tendangan sudut pendek berujung pada gol Jules Kounde ke gawangnya sendiri.

Namun Barca, yang kehilangan gelandang berpengaruh Pedri karena cedera pada babak pertama, bangkit melawan laju permainan pada menit ke-76 ketika umpan silang Raphinha tepat untuk menjaga segalanya tetap seimbang menjelang leg kedua pekan depan.

Wout Weghorst dimainkan dengan bersih oleh Bruno Fernandes di pembukaan besar pertama pertandingan tetapi digagalkan oleh Marc-Andre ter Stegen, yang juga sama dengan sundulan Casemiro.

Advertisement

Ter Stegen menghasilkan penyelamatan bagus lainnya untuk mencegah Rashford, sementara David de Gea mendapat dukungan yang kuat untuk upaya Jordi Alba setelah Aaron Wan-Bissaka tertangkap basah.

Alonso membuka skor empat menit memasuki babak kedua, kehilangan pengawalnya dan menyundul di pojok Raphinha, tetapi tim tamu dengan cepat menyamakan kedudukan.

Fred melonjak ke depan dan bermain di Rashford, yang meledak melewati Ter Stegen di tiang dekat untuk mempertahankan pukulan panasnya.

Rashford kembali menjadi kunci tepat sebelum satu jam, melaju ke dalam kotak dan memberikan umpan silang yang masuk ke Kounde setelah Fernandes menyalakannya.

United terlihat bagus untuk gol lain tetapi malah dipatok kembali segera setelahnya – umpan silang sisi kanan Raphinha menghindari Robert Lewandowski dan melakukan nutmeg ke Raphael Varane sebelum bersarang di sudut kiri bawah.

Advertisement

Barca nyaris menemukan gol kemenangan saat Casemiro membentur tiangnya sendiri di tengah perebutan, sebelum De Gea dengan luar biasa menggagalkan Ansu Fati dalam kesimpulan mencekam yang juga membuat tuan rumah memiliki banding penalti yang ditolak karena kemungkinan handball terhadap Fred.

United Frustasi

Ini adalah pertandingan yang lebih biasa dilihat di Champions League – memang, mereka bertemu di final kompetisi itu pada tahun 2009 dan 2011 – tetapi ini adalah kenyataan baru bagi keduanya, seperti yang dikatakan oleh bos United Erik ten Hag. Masing-masing tim melakukan 18 percobaan, delapan di antaranya tepat sasaran dari Barca dan lima dari United.

Delapan kemenangan beruntun Barca mungkin telah berakhir, tetapi mereka bisa dibilang lebih bahagia dari kedua belah pihak, seperti yang tercermin dari angka gol yang diharapkan (xG) mereka sebesar 1,3 dibandingkan dengan 2,1 United.

Rashford  Gemilang

Advertisement

Sebanyak 14 gol Rashford di semua kompetisi sejak sepakbola klub dilanjutkan setelah jeda  World Cup setidaknya empat lebih banyak dari pemain lain di lima liga top Eropa (Karim Benzema memiliki 10).

Pemain internasional Inggris ini benar-benar berada dalam performa terbaiknya, setelah menyamai rekor tertinggi dalam kariernya dari musim 2019-20. Tidak hanya dia mencetak gol, dia juga secara efektif membuat gol kedua United, meski pada akhirnya tidak cukup.

Sebaliknya, bomber Barca Lewandowski memasuki pertandingan ini dengan 45 gol dari 37 pertandingan Eropa terakhirnya, tetapi ini adalah hari libur bagi pemain internasional Polandia yang biasanya produktif.

Dia hanya melakukan dua percobaan dalam pertandingan yang melihat total 36 di kedua ujungnya dan hanya satu yang tepat sasaran, dengan De Gea menahannya sebelum kegilaan babak kedua terjadi, dan dia sekarang telah menjalani tiga pertandingan tanpa gol. untuk Barca.

Manchester United telah mencetak gol di masing-masing dari 19 pertandingan tandang terakhir mereka di semua kompetisi Eropa (total 36 gol), sejak bermain imbang 0-0 di AZ pada Oktober 2019.

Advertisement

Barcelona telah kebobolan sembilan gol dalam lima pertandingan kandang di kompetisi Eropa dan piala musim ini, dibandingkan dengan hanya satu gol dalam 10 pertandingan LaLiga di Camp Nou.

Selanjutnya, sebelum bentrok  kembali di Old Trafford dalam waktu seminggu, kedua tim mengalihkan fokus kembali ke masalah liga pada hari Minggu saat Barca menjamu Cadiz dan United menghadapi Leicester City.****

Lanjutkan Membaca
Advertisement