Connect with us

Olahraga

Diimplementasikan dengan Benar dan Tepat, DBON akan Lahirkan Atlet Mumpuni

Avatar

Diterbitkan

pada

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. (Foto: Siwo PWI Pusat)

FAKTUAL-INDONESIA: Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menilai Design Besar Olahraga Nasional (DBON) sangat menjanjikan. Ini berkaca dari beberapa hasil uji coba publik di beberapa perguruan tinggi yang tersebar di beberapa kota.

“Bisa dilihat sejauh ini DBON nampak berjalan masih “on the track”. Ini telah teruji lewat prestasi, misalnya pada SEA Games Vietnam 2021 lalu. Kontingen Indonesia memang finis di peringkat ketiga bukan juara, tapi peringkat ketiga ini dapat diukur seperti apa kemajuan yang dicapai. Dengan banyak penampilan atlet-atlet muda yang mentas dan berjaya di Vietnam, salah satunya bulutangkis. Di luar pun, sekarang sepakbola muda kita U-16 juga telah berhasil menjadi juara Asia. Ini tentu tidak mudah dan ini pengalaman baru,” katanya dalam sambutan Seminar DBON yang dihadiri oleh peserta Konkernas PWI dan Siwo-Siwo PWI Daerah di Grand Mercure, Malang, Senin (21/11/2022).

Kini, menurut Atal, tinggal bagaimana DBON ini diimplementasikan dengan tepat agar ke depan bisa menghasilkan prestasi yang lebih mumpuni. Jangan sampai salah langkah.

“Tinggal bagaimana mengimplementasikannya dengan tepat agar langkah awal yang baik dan menggembirakan tersebut bisa lebih mantap menghasilkan prestasi di masa mendatang. Karena melalui DBON, pembinaan olahraga di tanah air lebih tertata, terstruktur, berkesinambungan, dan didukung dengan sports science,” tambahnya.Sehingga kini, dengan DBON, Atal menilai atlet bukan lagi ditemukan, tetapi dicetak. Bukan lahir secara alamiah.

“Dengan DBON mau kita bentuk apa dia (atlet -Red.). Didesain, bukan lagi lahir secara alamiah dan kita akan mendalami bersama Kemenpora. Dengan DBON, kita berharap banyak. Di mana mimpi Indonesia bisa menembus 10 besar dunia pada Olimpiade 2032 dan 5 besar Olimpiade 2042, apakah mungkin tercapai,” tukas Vice President CAJ periode 2022–2024 tersebut.**

Advertisement

Lanjutkan Membaca