Connect with us

Olahraga

Diikuti 15.300 Pelari, Jakarta Marathon 2022 Semakin Punya Kelas di Mata Internasional

Avatar

Diterbitkan

pada

Tiga pelari elit dunia yang akan bersaing di Jakarta Marathon 2022. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Sebanyak 15.300 pelari akan ikut serta dalam Jakarta Marathon 2022 yang akan dilangsungkan Minggu (16/10/2022).

Di antara 15.300 peserta yang akan ikut serta di Jakarta Marathon 2022, empat di antaranya merupakan pelari elite ranking dunia asal Jepang, Ethiopia, hingga Kenya. Animo besar peserta ini menjadikan Jakarta Marathon memiliki gengsi tersendiri di mata internasional.

“Mereka akan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Dan kabar gembira Jakarta Marathon akan naik level untuk pelaksanaan tahun depan. Pelari-pelari kelas dunia level atas pun dipastikan akan turut serta dan menjadikan Jakarta Marathon akan makin mendunia,” kata CEO Inspiro Penyelenggara Jakarta Marathon, Ndang Mawardi, Jumat (14/10/2022), di Jakarta.

Dari total 15.000 peserta itu akan dibagi menjadi di 4 kategori, yakni: marathon, half marathon, 10 kilometer, dan 5 kilometer. Pembagian kategori ini menjadi peserta punya peluang memenangi sejumlah hadiah uang tunai dan produk dari mitra sponsor senilai lebih dari Rp 1,5 miliar.

Event Marathon 2022 Jakarta Marathon 2022 akan digelar di rute yang melewati berbagai ikon Kota Jakarta seperti kawasan GBK Senayan, Jembatan Semanggi, Gambir-Monas, Kota Tua, Gereja Katedral, Istiqlal, dan Lapangan Banteng.

Advertisement

Selain itu, para pelari juga akan melewati Gedung Pancasila, Tugu Tani, Taman Ismail Marzuki (TIM), Metropole-Megaria, Museum Naskah Proklamasi, Gedung Usmar Ismail, dan Museum Satria Mandala.

Pihak penyelenggara menyebut sekitar 2000 pihak keamanan akan disebar untuk mengamankan rute-rute tersebut. Utamanya pada rute yang melewati perempatan jalan dan sering terjadi kemacetan. “Kami meminta maaf kepada pengguna jalan, sementara akan terganggu karena menjadi rute Jakarta Marathon 2022,” ucap Ndang Mawardi.

Ditambahkannya, rute-rute untuk Jakarta Marathon 2022 telah tersertifikasi oleh World-Athletic – AIMS pada September lalu.

“Kali ini kami mengambil thema ‘REBORN’, sebab themas ini sangatlah pas dikarenakan Jakarta Marathon terpilih sebagai satu-satunya Marathon di Indonesia oleh ABBOTTWMM Age Ranking Group. Para pelari Indonesia sudah tidak perlu repot lagi untuk mendapatkan kualifikasi ranking di event marathon luar negeri,” terang Ndang Mawardi. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca