Connect with us

Olahraga

Dewan Guru: Musyawarah Keluarga Besar PP Inkai 2023 Sudah Sesuai AD/ART, Inkai Siap Cetak Prestasi Harumkan Indonesia

Avatar

Diterbitkan

pada

Anggota Dewan Guru PP Inkai, Shihan Erry Sadewo. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Pengurus Pusat Institut Karate-Do Indonesia (PP Inkai) sukses menyelenggarakan Musyawarah Keluarga Besar (MKB) di IPC Learning & Consulting PT PMLI Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, 17-19 Februari 2023.

Pada MKB Inkai tersebut, Laksda TNI Ivan Yulivan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PP Inkai periode 2023-2027.

Ivan bakal melanjutkan program kerja yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih berprestasi lagi.

Terpilihnya Ivan Yulivan di MKB, juga mendapatkan dukungan penuh dari Dewan Guru Inkai berserta mayoritas Pengprov Inkai selaku pemilik suara.

Anggota Dewan Guru PP Inkai, Shihan Erry Sadewo yang hadir di MKB sejak hari pertama hingga selesai, menyatakan bahwa kegiatan MKB sudah sesuai AD/ART organisasi. Tidak ada aturan yang dilanggar sama sekali karena semua proses tahapan dilalui secara benar berdasarkan aturan dan tata tertib yang berlaku dan disepakati bersama.

Advertisement

“Saya bersama anggota Dewan Guru yang lain mengikuti acara mulai dari pembukaan sampai penutupan MKB 2023, semuanya berjalan lancar dan tidak melanggar AD/ART. Sebagai pemegang mandat dari Ketua Dewan Guru Shihan Harmen Lukas Tompodung secara tertulis, saya memastikan tidak ada persoalan-persoalan selama MKB berlangsung. Kalau di luar ada persoalan kecil, itu biasa, biarkan saja burung berkicau,” ujar Erry Sadewo kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Erry Sadewo juga memastikan kalau Dewan Guru dan PP Inkai tetap solid, sejak sebelum MKB 2023 digelar hingga sekarang. Menurut dia, di lembaga Dewan Guru PP Inkai terdapat 15 anggota.

Dijelaskannya, jika ada anggota Dewan Guru yang melenceng dengan cara membentuk tandingan, bisa saja keanggotaannya cabut atau diberhentikan. “Bisa saja keanggotaannya dicabut, nanti ada sidang istimewa Dewan Guru,” tegas Erry Sadewo.

Tetap Solid Cetak Prestasi

Erry perlu memberikan klarifikasi terkait soliditas Dewan Guru PP Inkai, mengingat ada kelompok yang tidak puas dengan hasil MKB 2023, lalu memberikan pernyataan yang menyudutkan PP Inkai. “Bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan harap menemui kami selaku penerima mandat dan wakil Ketua Dewan Guru. Pesan Dewan Guru, jangan coba-coba merusak atau menggembosi perguruan Inkai. Inkai adalah organisasi bela diri karate terbesar di bawah FORKI,” ungkap Erry Sadewo.

Advertisement

Lebih lanjut, Erry Sadewo juga memastikan bahwa tahapan MKB 2023 berjalan sesuai agenda. Dimulai dari pembentukan tim penjaringan dan penyaringan (TPP) yang diisi orang-orang independen. Mereka bekerja sesuai peraturan yang ada.

Di MKB 2023, aturan ditegakkan dan seluruh pemilik suara dalam hal ini Pengprov Inkai dipersilakan memberikan dukungan kepada calon yang akan diusung.

Pada saat pendaftaran hingga penutupan, ada dua calon yang masuk. Pertama, petahana Laksda TNI Ivan Yulivan. Kedua, Ketua Pengprov Inkai DKI Jakarta Herianto Syahputra. Namun, setelah melalui verifikasi secara faktual, Ivan Yulivan yang dinyatakan lolos administrasi. Sedangkan Herianto tak memenuhi syarat lantaran hanya diusung 7 Pengprov.

Akhirnya, Ivan Yulivan terpilih secara aklamasi dan berhak memimpin PP Inkai untuk periode 2023-2027.

Hanya saja, pendukung Herianto kurang puas dengan hasil MKB karena jagoannya tak lolos dalam pemilihan. Mereka membuat pernyataan seolah-olah MKB tidak sesuai aturan dan Inkai pecah. Selain itu, agenda pemilihan ketua umum disebut dipercepat padahal kenyataan tidak karena berjalan sesuai tatib yang diputuskan bersama. Bahkan dengan alasan yang tidak jelas, mereka membentuk Komite Penyelamat INKAI (KPI), yang dipergunakan sebagai upaya melakukan teori pembusukan.

Advertisement

“Yang sebenarnya harus diselamatkan adalah mereka yang menghembuskan komentar jika Inkai pecah atau tidak solid. Mereka inilah yang mencoba melakukan teori pembusukan, dan mereka lupa bawah roh karate itu adalah kstaria yang menjunjung tinggi kebenaran,” ucap Erry.

Erry juga membantah semua tudingan yang dilontarkan pendukung Herianto tersebut. Menurutnya, tahapan pemilihan sudah sesuai aturan organisasi dan disepakati peserta MKB dengan diputuskan melalui Sidang Paripurna.

Terkait rundown kegiatan MKB, seluruh pemilik suara (Pengprov Inkai) juga sudah mendapatkannya. Contoh, pemilihan ketua umum dilakukan pada hari pertama MKB. Dilanjutkan sidang-sidang komisi di hari berikutnya.

“Semua sudah disahkan dalam tatib dan disetujui atau ditetapkan dalam sidang paripurna. Sehingga seluruh rangkaian seluruh acara MKB termasuk pemilihan ketua umum tidak ada melanggar AD/ART. Semua sudah sesuai AD/ART dan mekanisme yang berlaku. Kalau soal KPI (Komite Penyelamat Inkai), apa yang perlu diselamatkan? Sejauh ini tidak ada masalah. Mestinya mereka sendiri yang perlu diselamatkan. Apa yang dituduhkan mereka adalah fitnah semata. Jika tudingan tak berdasar mereka lancarkan terus menerus, kami pastikan akan membawa masalah ini ke ranah hukum karena telah melakukan pencemaran nama baik,” tegas Erry.

Seperti diketahui, MKB Inkai 2023 berjalan sangat kondusif. Kegiatan ini diikuti 32 pengurus provinsi (Pengprov) dari 34 Pengprov yang ada. Para Dewan Guru turut hadir, termasuk Dewan Guru Madya. Pendiri Inkai, Shihan Nico Lumenta juga mendukung. Acara MKB 2023 dibuka Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian. Turut hadir juga, antara lain Wasekjen KONI Pusat Sadiq Algadri, Bidang Organisasi PB FORKI Yusran Arief dan Hartono, Ketua Umum PP Inkai Laksda TNI Ivan Yulivan, Waketum PP Inkai Prof DR Benny Rianto SH MH dan Elrick Macruf SH MBA dan sekjen PP INKAI Puang Syamsudin. ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement