Connect with us

Olahraga

Catur Cepat Ramadhan Cup PB Percasi 2024: Peserta Membludak, GM Utut Adianto: Indonesia Suatu Hari akan Jadi Kekuatan Catur Dunia

Avatar

Diterbitkan

pada

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka disaksikan Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, Waketum V KONI Pusat Tursandi Alwi, Ketua Panpel Ricardo serta jajaran pengurus PB Percasi melakukan langkah simbolis saat laga eksebisi catur kilat 3 menit antara pecatur putra MF Arif Abdul Hafiz melawan pecatur putri MIW Laysa Latifah pada pembukaan Turnamen Catur Cepat Ramadhan Cup 2024 di Wisma Kemenpora Jakarta, Sabtu (30/3/2024).(Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) kembali menggelar Turnamen Catur Cepat Ramadhan Cup PB Percasi 2024, di Wisma Kemenpora Jakarta, 30-31 Maret 2024.

Turnamen kali ini peserta cukup membludak tercatat sebanyak 360 pecatur dari 20 provinsi di Indonesia hadir untuk adu taktik menjadi yang terbaik.  Ada enam kategori yang dipertandingkan yaitu Open, Non Master, U-12 Putra-Putri dan U-16 Putra-Putri. Mereka bertanding dalam format catur cepat 10 menit plus increament 3 detik selama 9 babak. Total hadiah yang diperebutkan Rp70 juta.

Kategori Open yang merupakan nomor bergengsi diramaikan sebanyak 87 pecatur, termasuk beberapa pecatur Pelatnas Tim Catur Indonesia seperti MI Yoseph Theolifus Taher, MI Aditya Bagus Arfan, MF Arif Abdul Hafiz, MIW Ummi Fisabilillah, MIW Laysa Latifah dan MFW Samantha Edithso.

Ketua Umum PB Percasi menyambut gembira antusiasme para pecatur di Tanah Air untuk mengikuti turnamen yang telah diselenggarakan selama dua dekade lebih ini.

“Sikap antusias adalah salah satu faktor penting untuk bisa meraih sukses dalam kehidupan, termasuk dalam olahraga catur. Melihat animo selalu besar dalam mengikuti turnamen, saya cukup yakin one day Indonesia akan menjadi kekuatan catur dunia,” kata Utut Adianto ketika memberikan sambutan pembukaan, Sabtu (30/3/2024).

Advertisement

Utut mengatakan Ramadhan Cup telah menjadi sebuah tradisi yang tak hanya mempererat silaturahmi di kaangan insan catur tetapi juga menjadi arena untuk mengasah kemampuan para atlet demi meraih prestasi.

Ia memastikan PB Percasi akan mendukung dan memfasilitasi para pecatur handal khususnya pecatur junior untuk bisa bersaing di level yang lebih tinggi.

Dengan konsistensi pembinaan yang dilakukan PB Percasi, Utut optimistis suatu saat akan muncul pecatur Indonesia yang bisa bersaing di tingkat dunia. Ia mengambil contoh kemunculan pecatur Norwegia Grand Master Magnus Carlsen yang kini merajai catur dunia merontokkan dominasi para pecatur Rusia.

“Saya bersama almarhum GM Edhi Handoko dan MI Nasib Ginting pernah bertanding ke Norwegia. Ketika itu Norwegia belum menjadi salah satu kekuatan catur dunia. Namun akhirnya Norwegia menemukan anak ajaib Magnus Carlsen yang mampu menghancurkan dominasi Rusia. Begitu juga dengan India yang kurang lebih ekonominya sama dengan kita. Mereka punya GM Praggnananda yang sudah diperhitungkan di tingkat dunia,” ujar Utut memotivasi para pecatur junior peserta Ramadhan Cup 2024. “Semoga kita temukan pemain hebat di turnamen ini. Jadi teruslah mengasah diri karena dedikasi di catur sama dengan di kehidupan, tidak terbatas,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman yang diwakili Wakil Ketua Umum V Tursandi Alwi saat membuka secara resmi Turnamen Catur Cepat Ramadhan Cup PB Percasi 2024 mengapresiasi dedikasi dan kerja keras PB Percasi dalam membina catur di Indonesia. Ia juga mengajak seluruh insan catur di Tanah Air untuk turut menggaungkan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara. Turut hadir Anggota DPR RI, Rieke Diah Pitaloka, Ketua Panitia Pelaksana Ricardo dan Sekretaris Jenderal PB Percasi Henry Hendratno dan jajaran pengurus PB Percasi.

Advertisement

Hasil Sementara Hingga Babak 4

Sementara hasil pertandingan pada kategori Open, unggulan utama dari Kalimantan Tengah MI Yoseph Theolifis Taher (elo rating 2479) memuncaki klasemen sementara. Yoseph berhasil menorehkan poin sempurna 4 hasil dari empat kali menang dari empat babak yang sudah dimainkan di hari pertama.

Yoseph ditempel ketat oleh wakil Jakarta, Master Fide (MF) Satria Duta Cahaya 2040 di urutan kedua yang juga mengemas 4 poin.

Sedangkan pecatur senior MF Maksum Firdaus Sumsel 2206 yang juga membukukan 4 poin harus puas di urutan ketiga. Maksum kalah dalam perhitungan Tiebreak dari Joseph dan Satria, 8 berbanding 9,5.

Kategori Open di hari kedua atau hari terakhir, Minggu (31/3/2024) akan memainkan lima babak yakni babak 5-9.

Advertisement

Pada babak ke-5, sesuai hasil pairing para pecatur yang menempati posisi tiga besar klasemen sementara akan ‘saling pukul’. Yoseph Theolifus Taher bertemu seniornya Maksum Firdaus. Kemudian Satria Duta Cahaya ditantang Nayaka Budidharma 1944 yang mengemas 3,5 poin.****

 

 

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement