Home Olahraga Candevis Pecahkan Rekor Terbanyak Memenangi Etape di Tour de France

Candevis Pecahkan Rekor Terbanyak Memenangi Etape di Tour de France

oleh Bambang

Mark Cavendish mengangkat kedua tangan usai memastikan nebabf di etape ke-14 Tiur de France. (ist)

FAKTUALid – Mark Cavendish (Inggris) menunjukkan kelasnya memecahkan rekor kemenangan terbaik di Tour de France dengan menyabet 35 kemenangan memperbaik rekor sebelumnya yang dicatat Eddy Merckx dengan 34 kemenangan.

Bahkan Cavendish yakin dirinya punya peluang untukmempertajam rekor kemenangan ang baru saja diukirnya. Ini karena masih ada dua etape lagi dirinya memiliki kans terbuka untuk menang di Tour de France 2021 ini. Ia memang dikenal sebagai pembalap spesialis sprint sehingga jika medan datar terbuka peluang dirinya akan keluar sebagai juara.

Ketika ditanya apakah perasaan atau kesadaran akan pencapaiannya ? “Saya belum menyadari. Ini seperti kemenangan pertama saya. Saya telah memenangkan satu etape Tour de France dari pemilik rekor terbanyak. Itulah yang saya impikan sebagai seorang anak. Itu yang saya impikan sekarang. Dan saya bekerja sangat keras untuk itu,” ungkapnya.

Kini Cavendish jadi pemegang rekor etape Tour de France baru. Cavendish, mengatakan yang paling penting hal baginya adalah menginspirasi generasi berikutnya. Pembalap berjuluk Rudal Manx memenangkan etape ke-14 Tour de France 2021 untuk membubuhkan diri menjadi pembalap tersukses memenangi etape lomba balap paling akbar ini.

Tetapi berbicara setelahnya Cavendish mengatakan bahwa hal yang paling istimewa baginya adalah mengetahui bahwa dia telah menginspirasi generasi baru. “Kami telah melihat pertumbuhan seperti itu, terutama di Inggris, bersepeda, sejak saya mulai balapan di sini di Tour de France,” kata Cavendish. “Jika salah satu dari kemenangan saya dapat menginspirasi anak-anak untuk mengendarai Tour atau Tour Femmes ketika mereka dewasa, maka itulah yang paling berarti bagi sayal,” sambungnya.

Cavendish juga mengatakan bahwa dia merasa itu adalah tahap yang sangat sulit (kemenangan ke-35), sentimen yang kemudian digemakan oleh rekan setimnya Michael Morkov. Dirinya tidak berpikir itu akan terjadi hari ini tetapi dia dibantu oleh upaya luar biasa dari timnya.

“Aku seakan mau mati menempuh jarak 220kms dalam panas dan angin itu. Aku pergi jauh ke sana. Saya pergi begitu dalam, anak-anak itu luar biasa. Saya tidak bisa mempercayainya. Banyak hari itu tidak terasa seperti itu akan terjadi tetapi saya merasa harus melakukannya. Aku sangat bangga,” jelasnya. ****

You may also like

Tinggalkan Komentar