Connect with us

Olahraga

Buka SIM Racing Championship 2023, Menpora Dito Dorong Transformasi LPDUK Demi Ciptakan Kemandirian Olahraga

Avatar

Diterbitkan

pada

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo berfoto bersama pembalap dan panitia serta pejabat LPDUK. (Foto: Bambang)

FAKTUAL-INDONESIA: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Dito Ariotedjo memberi apresiasi dan siap mendorong Lembaga Pengelola dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) untuk bertransformasi menjadi lembaga yang dapat mendorong kemajuan ekosistem industri olahraga nasional demi menciptakan kemandirian olahraga.

Penegasan itu disampaikan Menpora Dito Ariotedjo ketika hadir membuka ajang balap Menpora SIM Rancing Championship 2023 di Lantai 1 Kantor LPDUK di Jalan Radio I No 13, Kramat Pela Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (10/9/2023).

“Saya mengapresiasi langkah cepat LPDUK mengoptimalkan aset dengan menggelar ajang balap Menpora SIM Rancing Championship 2023 ini. Saya memang memberikan arahan kepada LPDUK agar mengoptimalkan aset Simulator balap digital ini dan bekerjasama dengan IMI. Saya juga akan mendorong LPDUK bertransformasi menjadi lembaga yang progresif dan dapat mendorong ekosistem industri olahraga di Indonesia,” ujar Menpora Dito.

Menpora menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan MoU dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) dalam upaya memajukan Sport Industry dan Soprt Entertaiment. LPDUK pun akan didorong untuk terlibat di dalamnya.

“Kita akan mendorong LPDUK dapat menghimpun lebih banyak dan luas dana dari sponsor demi tercapainya kemandirian olahraga,” ucap Menpora Dito.

Advertisement

Menpora SIM Rancing Championship 2023 hasil kolaborasi LPDUK dengan JMX Phantom, diikuti sembilan pembalap terbaik hasil kualifikasi dari beberapa event untuk memperebutkan dua tiket menjadi wakil Indonesia pada ajang Asia Pasific Motorsport Championship 2023.

Menurut Menpora, potensi balap mobil digital ini sangat besar. Karena dalam esports ini pemerataan kekuatannya lebih terjamin, tidak ada ketimpangan ketimpangan dari mesin maupun mobil yang digunakan. Menpora juga berharap para pembalap digital Indonesia bisa berprestasi menembus kancah dunia.

Hadir mendampingi Menpora Dito Staf Khusus (Stafsus) Alia Noorayu Laksono dan Ardima Rama Putra yang ikut menjajal simulasi balapan digital. Hadir pula dalam kegiatan ini para pengurus Ikatan Motor Indonesia (IMI), Ferry Kono dan Nur Achmad selaki Dewan Pengawas LPDUK, Inspektur Kemenpora Agus Widaryanto dan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama, Sanusi.

Plt. Direktur LPDUK Ferdinand Tangkudung berterimakasih kepada Menpora yang telah hadir membuka dam memberikan dukungan penuh, serta semua pihak yang telah mendukung perhelatan Menpora SIM Rancing Championship 2023. Ia mengaku termotivasi dan tertantang dengan keinginan Menpora Dito.

“Keinginan Menpora untuk mentransformasi LPDUK merupakan tantangan yang harus kami dijawab dengan kerja keras. Semoga ini menjadikan semangat berlipat saya dan rekan-rekan di LPDUK untuk berusaha maksimal mewujudkannya,” ucap Ferdinand.

Advertisement

Daffa dan Rama ke Sepang

Sementara itu setelah melewati balapan digital yang ketat, posisi 3 besar hasil Menpora SIM Rancing Championship 2023 berdasarkan hasil balapan dan penilaian Tim Juri, ditempati oleh Daffa Nabiel (juara), Andika Rama (runner up) dan Rialto Ristofani (peringkat 3).

Dengan demikian, Daffa Nabiel dan Andika Rama akan mewakili Indonesia di ajang Asia Pasific Motorsport Championship 2023 di Sepang, Malaysia pada 28 September sampai 1 Oktober 2023.

“Kita berharap keduanya akan tampil maksimal jadi wakil Indonesia di Sepang pada ajang SIM tingkat Asia Pasific yang diikuti 12 negara,” ucap Ferdinand. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca