Connect with us

Olahraga

BNI Indonesia Masters 2023: Ganda Putri Lanny/Ribka Raih Gelar Ketiga di Medan

Avatar

Diterbitkan

pada

Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto . (Foto:PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Ganda putri Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto menjadi juara turnamen bulutangkis BNI Indonesia Masters 2023.

Dalam laga yang digelar di GOR Pancing, Medan, Sumatera Utara, Minggu (10/9/2023) sore, pasangan rangking 30 dunia itu menang dengan skor 22-20, 21-10 atas wakil Chinese Taipei, Chang Ching Hui/Yang Ching Tun.

Pada gim pertama Lanny/Ribka hampir kehilangan momentum saat sudah unggul jauh hingga penghujung laga. Beruntung fokus dari Lanny/Ribka bisa kembali sehingga akhirnya mengambil keunggulan di gim pertama.

Pada gim kedua permainan Lanny/Ribka semakin di atas angin mengingat lawan bermain dalam tekanan. Gemuruh suporter yang memadati GOR Pancing membuat lawan tertekan sehingga akhirnya Lanny/Ribka
mengakhiri laga dengan kemenangan straight game dalam tempo 39 menit.

“Pada gim pertama kami bermain terburu-buru ingin memenangkan pertandingan. Beruntung di penghujung laga kami bisa mengontrol pertandingan dan meraih keunggulan pada gim pertama,” ungkap Lanny.

Advertisement

“Pada gim kedua kami sudah di atas angin dan punya kepercayaan diri tinggi. Hal tersebut membuat kami
bermain lebih tenang dan percaya diri untuk mengakhiri laga dengan kemenangan,” timpal Ribka.

Dengan hasil ini, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto meraih kemenangan keduanya saat berhadapan dengan wakil Chinese Taipei itu.

Tercatat kemenangan terakhir yang diraih Lanny/Ribka ialah pada 16 besar Thailand Masters 2023 dengan skor identik 21-15, 21-15.

Kemenangan di turnamen BWF Tour Super 100 ini sejatinya menjadi obat pelipur lara seusai di ajang Kejuaraan Dunia 2023 tidak mampu berbuat banyak.

Tercatat di Kopenhagen, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto angkat koper di 32 besar dari ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dengan skor 5-21, 8-21.

Advertisement

“Pada turnamen ini kami sempat ragu untuk menjadi juara mengingat pada turnamen terakhir tidak bermain dengan maksimal. Sempat ada rasa kekhawatiran bisa juara atau tidak, tapi kami mencoba yakin satu demi satu untuk akhirnya bisa menjadi juara,” tambah Lanny.

Gelar juara di turnamen BNI Indonesia Masters 2023 menjadi gelar ketiga Lanny/Ribka saat dipasangkan. Sebelumnya Lanny/Ribka tercatat berjaya di Indonesia International Challenge 2022 di Malang dan Bahrain International Challenge 2022.

“Gelar juara ini sangat penting buat kami bersaing di level yang lebih tinggi lagi. Sejauh ini gelar juara ini sebagai bentuk mengembalikan kepercayaan diri kami dan kami sangat menikmatinya,” pungkas Ribka

Kiran George Akhiri Paceklik

Sementara tunggal putra India, Kiran George menjadi juara turnamen bulutangkis BNI Indonesia Masters 2023 seusai di partai final mengalahkan wakil Jepang, Koo Takahashi. Tunggal putra rangking 50 dunia itu naik podium tertinggi seusai menang atas wakil Negeri Matahari Terbit tersebut dengan skor 21-19, 22-20.

Advertisement

Pada pertandingan ini tunggal putra kelahiran 11 Februari 2000 itu mengaku tidak menyangka bisa menjadi jawara pada turnamen BWF Tour Super 100 tersebut.

Sebagai satu di antara pemain berpengalaman, runner up Denmark Masters 2022 itu, bermain lebih tenang untuk bisa meraih kemenangan straight game dalam tempo 56 menit.

“Kemenangan yang sangat luar biasa. Saya juga tidak menyangka menjadi juara di turnamen BNI Indonesia
Masters 2023. Lawan yang saya hadapi juga tidak mudah mengingat banyak pemain muda berbakat dan senior yang tampil,” ungkap
Kiran.

Kemenangan ini sejatinya mengakhiri paceklik gelar Kiran seusai terakhir berjaya pada turnamen Polish Open 2022. Saat itu di partai puncak, Kiran menang dengan skor 21-15, 21-14 saat berhadapan dengan wakil Chinese Taipei, Chia Hao Lee.

“Sekali lagi senang rasanya bisa menjadi juara kembali mengingat sebelumnya terakhir saya jadi jawara pada 2022. Gelar ini sebagai motivasi saya ke depannya untuk menjadi lebih baik lagi,” tambah juara Polish International 2021 itu.

Advertisement

Pada final turnamen BNI Indonesia Masters 2023 Kiran George merasa terkesan mengingat suporter juga memberikan dukungan penuh kendati bukan merupakan wakil dari tuan rumah.

Menurut Kiran hal tersebut sangat langka dan menjadi motivasi tambahan saat dirinya berlaga di atas lapangan.

“Terima kasih buat penonton di GOR Pancing yang terus memberikan dukungan buat saya. Saya tidak menyangka mereka memberikan dukungan sepanjang laga buat saya. Kemenangan ini juga satu di antaranya buat kalian yang memberikan dukungan dari awal turnamen sampai akhir,” pungkas runner up Denmark Masters 2022 itu. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca
Advertisement