Connect with us

Olahraga

BNI Badminton Asia Junior Championships 2023 – Indonesia Siap Tempur Lawan Vietnam di Laga Pembuka

Avatar

Diterbitkan

pada

Latihan Tim Putri Junior Indonesia untuk persiapan pertandingan BNI Junior Championship 2023, Yogyakarta, Jumat, 7/7/2023. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim bulutangkis Indonesia siap tempur menghadapi Vietnam di laga pembuka nomor beregu campuran ajang BNI Badminton Asia Junior Championships (AJC) 2023. Skuad Merah-Putih telah mempersiapkan diri dengan matang menjelang tampil perdana AJC 2023 yang bakal berlangsung di GOR Amongraga, Yogyakarta, Sabtu (8/7/2023) pagi.

Tim tuan rumah berlatih serius untuk menghadapi Vietnam di laga pertama fase Grup A. Alwi Farhan dkk., mempersiapkan diri dengan berlatih selama empat jam di GOR Waroeng Badminton Academy, Umbulharjo, Yogyakarta, Jumat (7/7/2023), pukul 09.00 pagi.

Sejak pagi, para pemain Skuad Garuda Muda sudah berlatih untuk menghadapi tim Negeri Paman Ho. Kapten tim Indonesia, Alwi mengungkapkan dirinya dan rekan-rekan sudah siap tampil di partai pembuka.

Dengan semangat yang sama untuk meraih kemenangan, Alwi optimis rekan-rekannya bisa bermain maksimal, sehingga membawa Indonesia menang.

“Kami mau memberikan yang terbaik. Sejauh ini kondisi tim kami sudah siap dan pastinya saya jika diturunkan juga siap menyumbangkan poin untuk Indonesia,” ungkap tunggal putra kelahiran 12 Mei 2005 itu.

Advertisement

Sejauh ini Alwi mengaku sudah mulai terbiasa dengan atmosfer GOR Amongraga, Yogyakarta tempat berlangsungnya AJC 2023. Dengan kondisi lapangan yang berangin, pemain rangking 96 dunia asal Surakarta itu perlahan mulai terbiasa arena pertandingan dan tinggal fokus memikirkan laga buat esok hari.

“Pada awalnya saya masih adaptasi dengan kondisi arena yang berangin. Setelah mencoba beberapa kali saya sudah mulai terbiasa,” ujar Alwi.

“Buat pertandingan besok, saya mau fokus pada diri saya terlebih dahulu. Saya juga tidak mau terlalu memikirkan lawan yang akan dihadapi nantinya,” tambah juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu.

Senada dengan Alwi, pebulutangkis ganda putri, Anisanaya Kamila/Az Zahra Ditya Ramadhani punya tekad yang sama untuk meraih kemenangan di laga awal. Kendati laga awal selalu tidak mudah, keduanya ingin fokus terlebih dahulu untuk bisa menyumbangkan poin bagi Indonesia.

“Untuk persiapan terakhir, kami tinggal menjaga fokus. Kami siap diturunkan dan menyumbangkan poin. Satu sama lain saling menguatkan untuk bisa memberikan gelar buat Indonesia di ajang AJC 2023,” ungkap Naya, sapaan akrab Anisanaya.

Advertisement

“Kami tidak mau membuang kesempatan saat nantinya diturunkan. Pastinya laga awal tidak mudah dan kami mau fokus untuk mendapatkan poin,” tambah Ara, sapaan karib Az Zahra.

Pelatih sektor ganda putri, Enroe Suryanto mengaku sudah mempersiapkan mental bertanding bagi anak asuhannya. Menurut Enroe, hal tersebut penting dilakukan mengingat ganda putri akan tampil terakhir setelah ganda campuran, tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putra.

“Sekarang saya tinggal fokus untuk menguatkan mental bertanding para pemain karena sektor ganda putri bisa menjadi penentu kemenangan tim,” tutur Enroe.

“Dari segi teknik dan fisik sejatinya para pemain tidak jauh berbeda dengan yang lain. Hal lainnya yang coba saya kuatkan kepada mereka ialah mental,” pungkas Enroe.

Sebelumnya, pada laga awal fase Grup A, Jumat (7/7/2023) pagi, dibuka dengan kemenangan China atas Vietnam dengan skor telak 5-0. Kemenangan tersebut membuat tim Negeri Tirai Bambu tinggal menunggu laga melawan Indonesia di pertandingan pemungkas grup yang bakal berlangsung Minggu (9/7/2023). ****

Advertisement

Lanjutkan Membaca
Advertisement