Home Olahraga Billie Jean King Cup 2021: Bencic Bawa Swiss Singkirkan Juara Bertahan Rep Ceko

Billie Jean King Cup 2021: Bencic Bawa Swiss Singkirkan Juara Bertahan Rep Ceko

oleh Bambang

Pasangan Belinda Bencic/Jil Teichmann yang memastikan kemenangan Swiss atas Rep Ceko. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Belinda Bencic, sukses membawa Swiss lolos ke semifinal dengan menyingkirkan juara bertahan yang juga tuan rumah Rep Ceko 2-1 pada kejuaraan tenis Billie Jean King Cup BNP Paribas, Kamis (4/11/2021), di Q2 Arena Praha, Rep Ceko.

Kemenangan Swiss ditentukan pasangan Belinda Bencic/Jil Teichmann yang tak terkalahkan mengalahkan Katerina Siniakova/ Lucie Hradecka guna mengantar Swiss memuncaki Grup D sekaligus lolos ke semifinal. Di semifinal Swiss jumpa Australia yang lolos sesudah mengatasi Belarusia 2-0.

Awal dari penentuan yang penuh ketegangan ini adalah juara Olimpiade Bencic mengalahkan peringkat 3 dunia Barbora Krejcikova dalam pertandingan tunggal kedua untuk menyamakan kedudukan Swiss, dan membatalkan kemenangan pembukaan Marketa Vondrousova atas Viktorija Golubic.

Petenis Swiss itu sekarang akan bertanding di babak empat besar pertama mereka di kompetisi ini sejak 2017, ketika mereka kalah dari Belarus di Minsk, saat pencarian mereka untuk gelar perdana Billie Jean King Cup mengumpulkan momentum.

“Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para gadis: ‘kami bermain melawan tim terbaik di dunia – kami telah kalah beberapa kali dari mereka – tetapi hari ini adalah hari kami dan hari ini kami akan menjadi tim terbaik di dunia’,” kata kapten Swiss Heinz Guenthardt. “Kami harus menjadi tim terbaik di dunia, dan kami adalah tim terbaik di dunia saat ini.Kinerja yang sangat, sangat kuat oleh tim kami. Bermain yang terbaik sangat menginspirasi. Itu bisa mengeluarkan yang terbaik dalam diri Anda atau karena takut, Anda tidak memukul bola apa pun di lapangan. Kami tidak bersembunyi atau hanya berharap untuk mendapatkan hasil, kami di sini untuk menang dan itulah cara kami bermain,” tambahnya.

Rep Ceko dan Swiss telah mendominasi pengundian putri di Pertandingan Tenis Olimpiade Tokyo 2020, dengan Bencic mengalahkan Vondrousova untuk memenangkan emas tunggal, dan Krejcikova dan Siniakova mengalahkan Bencic dan Golubic di final ganda.

Tidak terlalu mengejutkan saat itu bahwa pergumulan itu berjalan dengan baik, meskipun menjelang pertandingan, beban sejarah sangat berat melawan Swiss dengan mereka kalah delapan dari sembilan pertandingan sebelumnya dengan pemenang turnamen 11 kali.

Satu-satunya keberhasilan Swiss selama waktu itu adalah kemenangan perempat final Grup Dunia yang terinspirasi Martina Hingis di Brno pada tahun 1998, sementara Rep Ceko benar-benar merajalela dalam beberapa tahun terakhir dan telah menciptakan semacam dinasti.

Enam dari gelar Piala Billie Jean King mereka datang sejak 2011, dan mereka telah memenangkan 15 dari 17 pertandingan terakhir mereka. O2 Arena Praha sempat menjadi bukti dari sebuah benteng dengan Republik Ceko membual rekor 100 persen dari enam pertandingan di sini.

Namun pukulan KO diberikan oleh Bencic dan Teichmann, untuk menaklukan Rep Ceko kali ini. “Ini adalah perasaan yang luar biasa,” kata Bencic. “Saya merasa hari ini semangat tim luar biasa dan kami semua ada di sini untuk satu sama lain. Viktorija melakukannya dengan luar biasa, dia melakukannya sebaik mungkin dan memainkan pertandingan yang hebat melawan lawan yang hebat. Saya mencoba membantu dan senang saya memenangkan nomor tunggal. Itu tidak mudah dan kemudian di ganda, hari ini kami semua masuk dan bermain, tidak dengan risiko, tetapi sangat agresif,” imbuh Bencic. ****