Connect with us

Olahraga

Balap Sepeda Tour de France akan dimulai di Italia untuk pertama kalinya pada tahun 2024

Avatar

Diterbitkan

pada

Jonas Vingegaard 9kaos kuning) ketika melintas di Paris dalam Tour de France 2022. (ist)

FAKTUAL-INDONESIA: Ajang balap sepeda terakbar Tour de France edisi 2024 akan dimulai di Italia untuk pertama kalinya dalam sejarah balapan, demikian dikonfirmasi oleh penyelenggara The Amaury Sport Organization.

Florence akan menandai titik awal kompetisi terkenal edisi ke-111 untuk memperingati 100 tahun sejak Ottavio Bottecchia menjadi juara Le Tour Italia pertama.

Setelah balapan ke Rimini, tahapan selanjutnya dari Cesenatico ke Bologna dan Piacenza ke Turin akan menyusul, dengan acara tersebut juga akan berakhir jauh dari Paris untuk pertama kalinya.

Final Champs-Elysees yang ikonik akan digantikan oleh tahap penutupan di Nice karena upacara Olimpiade 2024 yang diadakan di ibu kota hanya beberapa hari kemudian.

Ini juga akan menjadi pertama kalinya sejak 1989 acara tersebut ditutup dengan penyelesaian time-trial, berbeda dengan prosesi biasa melalui jalan-jalan Paris.

Advertisement

“Tur dimulai dari semua negara yang berbatasan dengan Prancis,” kata direktur Le Tour Christian Prudhomme.“Bahkan sudah enam kali dimulai dari Belanda, yang tidak memiliki perbatasan yang sama dengan Prancis. Tapi tidak pernah dimulai dari Italia. Ini adalah keganjilan yang akan hilang,”imbuhnya.

Edisi 2023 akan dimulai di Bilbao, Spanyol pada 1 Juli dan berakhir di Paris 22 hari kemudian karena Jonas Vingegaard bertujuan untuk mempertahankan mahkotanya. ****

Lanjutkan Membaca
Advertisement