Connect with us

Olahraga

Badminton Asian Team Championships 2024: Skuad Putra Putri Merah-Putih Siap Tempur Hadapi Kazakhstan dan Arab Saudi

Avatar

Diterbitkan

pada

Tim Indonesia latihan menjajal lapangan pertandingan. (Foto: PBSI)

FAKTUAL-INDONESIA: Tim bulutangkis Indonesia siap menghadapi pertandingan pembuka Kejuaraan Bulutangkis Beregu Asia (BATC) 2024, Selasa (13/2/2024). Tim putri akan dijajal Kazakhstan pada pukul 09.00 pagi hari, sementara di bagian putra ditantang Arab Saudi pada jam 13.00 siang hari.

Dua pertandingan perdana kejuaraan tersebut bakal berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia. Tim putri bergabung di Grup X bersama Kazakhstan dan Hong Kong. Sementara tim putra Indonesia berada di Grup D bareng Arab Saudi, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Menurut Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, Skuad Merah-Putih siap tempur untuk menghadapi pertandingan pembuka. Putri Kusuma Wardani dkk., serta Chico Aura Dwi Wardoyo cs., juga sudah mempersiapkan diri dengan baik.

“Para pemain putri siap menghadapi Kazakhstan. Sementara pemain putra akan ditantang Arab Saudi. Kondisi pemain juga sehat, prima, dan memiliki semangat untuk bertarung,” tegas Rionny.

Selama dua hari persiapan di Selangor, Tim Garuda juga dalam kondisi baik. Hari Minggu dan Senin (10-11/2/2024), para pemain sudah beradaptasi dengan arena pertandingan. Mereka bisa berlatih dengan baik.

Advertisement

Dalam sesi latihan Senin (12/2/2024), para pemain juga bisa berlatih dengan gembira. Mereka menjalani porsi latihan ringan berupa games. Yaitu, mulai bertanding satu lawan satu, satu lawan tiga, dua lawan dua hingga tiga lawan tiga.

Menghadapi pertandingan pembuka lawan Kazakhstan, Putri KW menyebut dirinya merasa seperti sudah tidak sabar lagi. Sebagai ujung tombak tim putri, dirinya mengaku siap bertanding.

“Kalau diberi kepercayaan dan dimainkan, saya tentu siap. Apalagi dua tahun lalu saya juga sudah pernah tampil di kejuaraan ini dan berlangsung di tempat ini. Jadi paling tidak saya sudah bisa mengetahui bagaimana tekanan mentalnya dan kondisi di lapangan,” tutur Putri KW.

Kondisi Prima

Menurut pelatih tunggal putri Indra Widjaja, empat pemain yang dibawa ke Selangor kondisinya juga prima. Selain Putri KW, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Stephanie Widjaja juga siap tempur.

Advertisement

“Keempat pemain putri, kondisinya semua juga baik dan siap diturunkan. Saya akan memilih pemain yang paling siap untuk menghadapi Kazakhstan,” tegas Indra.

Sementara di nomor ganda putri, pelatih Prasetyo Restu Basuki, menyebut kemungkinan besar akan menurunkan pasangan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari.

“Mereka siap untuk dimainkan,” ujar Prasetyo.

Pada pertandingan lain di sektor putra, pemain debutan Alwi Farhan juga menyatakan siap dimainkan saat melawan Arab Saudi. Apabila dirinya ditunjuk tampil, Alwi pun menyebut akan berusaha bermain semaksimal mungkin.

“Saya pun siap tempur. Kalau ditunjuk tampil lawan Arab Saudi, saya akan membalas kepercayaan ini dengan bermain optimal dan berjuang untuk menyumbangkan poin bagi tim Indonesia,” kata Alwi.

Advertisement

Menurut pelatih tunggal putra, Harry Hartono, menghadapi Arab Saudi di hari pembuka, sektor tunggal putra akan menerjunkan kekuatan terbaik. Chico, Alwi, serta Yohanes Saut Marcellyno, dan Alvi Wijaya Chairullah, bisa ditampilkan.

“Keempat pemain tunggal putra, semuanya juga dalam kondisi prima. Tinggal saya pilih, siapa yang paling siap saja,” ucap Harry.

Sementara menurut pelatih ganda putra Thomas Indratjaja, anak didiknya juga dalam kondisi fit dan formasinya pun lengkap, menyusul kedatangan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang baru saja menjuarai turnamen Sri Lanka International Challenge. Kondisi Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga siap dimainkan. ****

Advertisement
Lanjutkan Membaca